Abstract :
Kevin Paul Pasaribu. ?Perbedaan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa
Sarjana dan Diploma 3 Keperawatan angkatan 2020 dalam mengikuti perkuliahan
online di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2022?
Latar Belakang: Pembelajaran daring dapat mengakibatkan emosi yang tidak
stabil dan kegembiraan/keceriaan pada mahasiswa menjadi menurun.
Ketidakstabilan sistem emosi dapat menimbulkan konflik dengan orang
disekitarnya di dalam rumah dan tidak baik apabila dibiarkan secara terus-menerus.
Fenomena di lokasi penelitian, mahasiswa merasakan kesulitan untuk memahami
materi, merasa bosan dan stress, merasa sedih karena tidak bertatap muka secara
langsung, merasa tertekan dengan tugas-tugas yang diberikan. Hubungan dengan
orang lain menjadi terganggu karena menjadi lebih mudah emosi dengan orang lain.
Tujuan: Mengetahui perbedaan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa Sarjana
dan Diploma 3 Keperawatan angkatan 2020 dalam mengikuti perkuliahan online di
STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2022.
Metode: Desain dalam penelitian ini menggunakan desain komparatif dengan
pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan simple random
sampling dengan jumlah sampel sebanyak 66 mahasiswa. Analisis data
menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Mann-Whitney secara
komputerisasi.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 84.8% responden mahasiswa
Sarjana memiliki kecerdasan emosional sedang dan 87.9% responden mahasiswa
Diploma 3 memiliki kecerdasan emosional sedang. Didapatkan nilai p value sebesar
0,837 yang berarti H0 diterima.
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan tingkat kecerdasan emosional mahasiswa
Sarjana dan Diploma 3 Keperawatan Angkatan 2020.
Saran: Bagi Peneliti Selanjutnya disarankan untuk untuk meneliti tentang faktor-
faktor yang dapat mempengaruhi kecerdasan emosional.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional ? Pembelajaran Online
xvi + 85 hal + 9 tabel + 2 skema + 11 lampiran
Kepustakaan: 65, 2013 - 2022