Abstract :
VIVIANA. ?Hubungan Dukungan Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Anak
Usia 13-15 Tahun pada Sistem Lima Hari Sekolah di SMP Muhammadiyah 3
Depok Sleman Yogyakarta tahun 2018?.
Latar Belakang: Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 di Yogyakarta
terdapat 8,1% remaja mengalami stres. Anak usia remaja awal tidak mampu
mengatasi ancaman yang sedang dihadapi bisa muncul dari mental, fisik,
emosional, bahkan spiritual seseorang tersebut. Sistem Lima Hari Sekolah
mempunyai sisi negatif yaitu anak merasa bosan, sehingga menimbulkan stres di
sekolah.
Tujuan: Mengetahui hubungan dukungan teman sebaya dengan tingkat stres anak
usia 13-15 tahun pada Sistem Lima Hari Sekolah di SMP Muhammadiyah 3
Depok Sleman Yogyakarta tahun 2018.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan analitik korelasional dengan
pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 13-15
tahun SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman yang berjumlah 237 orang, dengan
jumlah sampel 70 orang yang ditentukan menggunakan teknik stratified random
sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis bivariat dengan
chi square.
Hasil: Hasil uji stastistik chi square dengan tingkat kemaknaan (?) 0,1 didapatkan
nilai p-value (0,000) < ? (0,1), dengan nilai Coefisien Contingensi (C) = 0,590
yaitu yang berarti nilai keeratan sedang.
Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan dukungan teman
sebaya dengan tingkat stres anak usia 13-15 tahun pada Sistem Lima Hari
Sekolah.
Saran: Peneliti lain yang ingin meneliti terkait dukungan teman sebaya dengan
tingkat stres menggali lebih terkait faktor-faktor yang mempengaruhi pada Sistem
Lima Hari Sekolah.
Kata Kunci: Dukungan teman sebaya, tingkat stres, anak usia 13-15 tahun, Sistem Lima Hari Sekolah
xviii + 148 halaman + 7 tabel + 2 skema + 26 lampiran
Kepustakaan: 42, 2008-2017