Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
MARYATI, MARYATI
Subject
610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Datestamp
2024-01-24 08:42:52
Abstract :
MARYATI.? Tingkat Kepuasan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit Panti Rahayu Purwodadi
Grobogan Jawa tengah ?.
Latar Belakang : Covid-19 menjadi tantangan serius, khususnya bagi industri rumah sakit di
Indonesia, untuk terus meningkatkan pelayanan demi melindungi pasiennya. Adanya kebijakan
Covid-19 berupa screening, prosedur pelayanan, serta alur proses pelayanan yang berubah
diduga juga berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
Tujuan : mengetahui tingkat kepuasan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Panti Rahayu
Purwodadi Grobogan Jawa tengah.
Metode: Desain penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan pendekatan retrospektif.
Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 94 responden. Alat ukur
menggunakan kuesioner dengan 25 pernyataan.
Hasil: sangat puas sebanyak 74 orang (78,7%) dan tingkat kepuasan pasien yang menyatakan
puas sebanyak 20 orang ( 21,3%).
Kesimpulan : tingkat kepuasan pasien covid 19 di RS Panti Rahayu adalah mayoritas sangat
puas.
Saran : RS meningkatkan kesigapan dokter dan perawat dalam memberikan kesempatan pasien
untuk bertanya dan menanggapi keluhan pasien serta melengkapi saran prasarana untuk
menunjang pelayanan pasien.
Kata kunci : Kepuassan pasien ? covid 19 - Rumah Sakit
xvi + 66 hal + 9 Tabel +2 Skema + 16 lampiran
Kepustakaan : 59, 2011-2020