Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
NATHANIA, RENA
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2024-01-31 09:12:23
Abstract :
RENA NATHANIA. ?Hubungan Blended Learning dengan Pencapaian
Kompetensi Keterampilan Keperawatan Medikal Bedah II mahasiswa STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta tahun 2022?
LATAR BELAKANG: Lonjakan kasus COVID-19 di Indonesia tahun 2020
membuat pemerintah memberlakukan pembelajaran secara online, adanya angka
Covid-19 yang menurun pemerintah menghimbau ajaran 2021/2022 untuk memulai
Pembelajaran Tatap Muka (PTM), metode baru Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)
adalah metode blended learning. Capaian pembelajaran di STIKES Bethesda
bukan hanya pengetahuan tetapi keterampilan juga di nilai agar mahasiswa
betul-betul terampil.Keterampilan suatu keahlian yang dimiliki dalam melakukan
tindakan dengan cara yang sistematik atau rasional. Keterampilan dan demonstrasi
di laboratorium dilakukan secara luring.
TUJUAN: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan blended learning
dengan pencapaian kompetensi keterampilan Keperawatan Medikal Bedah II
mahasiswa STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.
METODOLOGI PENELITIAN: Penelitian ini menggunakan desain korelasi
dengan pendekatan cross sectional, populasi berjumlah 79 dengan sampel 66
mahasiswa. Teknik simple random sampling, alat ukur kuesioner blended learning
dengan analisis data somer?s d dengan ? 0.05.
HASIL: Hasil penelitian Rank Spearman ditemukan P-value 0,245 > ? 0,05,
maka
bisa disimpulkan H0 diterima dan H? ditolak berarti tidak ada hubungan blended
learning dengan pencapaian kompetensi keterampilan Keperawatan Medikal
Bedah II.
KESIMPULAN: Kesimpulan dari penelitian ini tidak ada hubungan antara
Blended Learning dengan Pencapaian Kompetensi Keterampilan Keperawatan
Medikal Bedah II.
SARAN: Penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam meninjau capaian
pembelajaran blended learning dan faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian
kompetensi keterampilan
Kata Kunci: Blended Learning, Kompetensi Keterampilan + 85 hal + 10 tabel + 2
skema + 20 lampiran
Kepustakaan: 32, 2013-2020