Abstract :
RINA KURNIAWATI. ?Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Leaflet
terhadap Persepsi Masyarakat tentang Penyakit Covid-19 di Dusun Ngasem, RT
01, Sindumartani, Ngembplak, Sleman, Yogyakarta?.
Latar Belakang: Pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh Dunia termasuk
Indonesia menimbulkan banyak kematian. Hal ini karena masyarakat tidak
mengetahui bagaimana melakukan pencegahan penularan Covid-19. Mereka
memiliki persepsi yang kurang atas perlunya pencegahan tersebut, hal ini karena
kurangnya pendidikan kesehatan di masyarakat tentang pencegahan penyebaran
Covid-19.
Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap
persepsi masyarakat tentang virus Covid-19 di Dusun Ngasem, RT 01,
Sindumartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta.
Metode Penelitian: Desain penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen
semu (quasi experimental design) dengan pre-test post-test design one group.
Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan sampel
sebanyak 52. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon.
Hasil Penelitian: Hasil penelitian menggunakan Uji Wilcoxon Signed Test
dengan nilai Z sebesar 6,270 dengan p-value Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai
0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara persepsi
masyarakat sebelum dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan, sehingga dapat
disimpulkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media
leaflet terhadap persepsi masyarakat dalam mencegah Covid-19 Dusun Ngasem,
RT 01, Sindumartani, Ngemplak, Sleman, Yogyakarta
Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap persepsi masyarakat
dalam mencegah Covid-19 di Dusun Ngasem, RT 01, Sindumartani, Ngemplak,
Sleman, Yogyakarta melalui media leaflet.
Saran: Tenaga kesehatan sebaiknya memberikan pendidikan kesehatan keapda
masyarakat, terutama jika ada wabah penyakit baru seperti Covid-19 dengan
menggunakan media yang tepat, salah satunya leaflet.
Kata Kunci: pendidikan kesehatan, persepsi, Covid-19
106 halaman + 14 tabel + 1 skema + 1 gambar + 16 lampiran
Kepustakaan: 41, 2010-2022