Abstract :
TRI UTAMI. ?Pengaruh Edukasi oleh Peer (Teman Sebaya) Terhadap Persepsi
Bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Trucuk Klaten Tahun 2022?.
Latar Belakang : Tindakan bullying menyebabkan dampak buruk bagi psikis dan
gangguan kecemasan bagi korban. Persepsi setiap orang akan berbeda dalam melihat
peristiwa bullying, begitu pula seorang pelaku yang berbeda dalam mempersepsikan
tindakan bullying yang dilakukannya. Edukasi oleh peer mengenai bullying dengan
metode ceramah diharapkan mampu meningkatkan persepsi bullying. Studi
pendahuluan di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten diperoleh 96.8% pernah mengalami
tindakan bullying.
Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh edukasi peer (teman sebaya) terhadap
persepsi bullying di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten tahun 2022.
Metode Penelitian : Desain Penelitian Quasi Exsperimental design dengan One Group
Pretest-Post Test Design without control group. Penelitian menggunakan simple
random sampling dengan total 31 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner
Persepsi Bullying. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan sebagian besar perempuan 16 responden. usia
terbanyak 14 tahun dan mempunyai saudara sebanyak 15 responden. Persepsi bullying
sebelum diberikan edukasi 15 responden kategori baik sekali dan setelah edukasi 23
responden kategori baik sekali. Uji Wilcoxon diperoleh p-value 0,003.
Kesimpulan : Ada pengaruh edukasi oleh peer (teman sebaya) terhadap persepsi
bullying di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten tahun 2022.
Saran : Peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian pada remaja dilingkungan
baru tentang bullying.
Kata Kunci : Edukasi oleh peer (teman Sebaya) ? Persepsi bullying
Vii + 70 halaman + 16 tabel + 4 skema + 16 lampiran
Daftar Pustaka: 40, (2010-2022)