DETAIL DOCUMENT
PENGARUH EDUKASI OLEH PEER (TEMAN SEBAYA) TERHADAP PERSEPSI BULLYING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 TRUCUK KLATEN TAHUN 2022
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
Utami, Tri
Subject
100 Philosophy and Psychology 
Datestamp
2024-02-02 02:37:15 
Abstract :
TRI UTAMI. ?Pengaruh Edukasi oleh Peer (Teman Sebaya) Terhadap Persepsi Bullying di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Trucuk Klaten Tahun 2022?. Latar Belakang : Tindakan bullying menyebabkan dampak buruk bagi psikis dan gangguan kecemasan bagi korban. Persepsi setiap orang akan berbeda dalam melihat peristiwa bullying, begitu pula seorang pelaku yang berbeda dalam mempersepsikan tindakan bullying yang dilakukannya. Edukasi oleh peer mengenai bullying dengan metode ceramah diharapkan mampu meningkatkan persepsi bullying. Studi pendahuluan di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten diperoleh 96.8% pernah mengalami tindakan bullying. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh edukasi peer (teman sebaya) terhadap persepsi bullying di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten tahun 2022. Metode Penelitian : Desain Penelitian Quasi Exsperimental design dengan One Group Pretest-Post Test Design without control group. Penelitian menggunakan simple random sampling dengan total 31 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner Persepsi Bullying. Analisis data menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil : Hasil penelitian menunjukan sebagian besar perempuan 16 responden. usia terbanyak 14 tahun dan mempunyai saudara sebanyak 15 responden. Persepsi bullying sebelum diberikan edukasi 15 responden kategori baik sekali dan setelah edukasi 23 responden kategori baik sekali. Uji Wilcoxon diperoleh p-value 0,003. Kesimpulan : Ada pengaruh edukasi oleh peer (teman sebaya) terhadap persepsi bullying di SMP Negeri 2 Trucuk Klaten tahun 2022. Saran : Peneliti selanjutnya perlu melakukan penelitian pada remaja dilingkungan baru tentang bullying. Kata Kunci : Edukasi oleh peer (teman Sebaya) ? Persepsi bullying Vii + 70 halaman + 16 tabel + 4 skema + 16 lampiran Daftar Pustaka: 40, (2010-2022) 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum