Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
ANDRE, WAYAN
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2024-02-02 08:32:00
Abstract :
WAYAN ANDRE. Hambatan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada
Mahasiswa Sarjana Reguler Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Stikes Bethesda
Yakkum Yogyakarta Tahun 2021.
LATAR BELAKANG: Kondisi pembatasan akibat pandemi Covid 19 menuntut
lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dalam proses pembelajaran dengan
melakukan pembelajaran secara online atau daring (dalam jaringan). Selama
proses pembelajaran daring tidak terlepas dari permasalahan yang menjadi
hambatan dalam pelaksanaannya.
TUJUAN PENELITIAN: Mengetahui apa saja hambatan pelaksanaan
pembelajaran daring selama Covid-19.
METODE: Penelitian ini menggunakan desain deskritif kuantitatif. Teknik
pengambilan sampel Purposive sampling didapatkan 89 sampel. Alat ukur
menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat.
HASIL: Hasil Penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin perempuan 77,5%
umur 21-23 tahun berlokasi di Kota Yogyakarta 48,3%, Mahasiswa STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta mengalami hambatan dalam pelaksanaan
pembelajaran daring selama pandemi Covid 19. Hambatan yang ditemui
mahasiswa adalah minat responden tidak meningkat selama pembelajaran daring,
dan selama pembelajaran online mengalami kendala dengan jaringan
KESIMPULAN: Mahasiswa STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta mengalami
hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi Covid 19.
SARAN: Peneliti menyarankan bagi Institusi memanfaatkan media pengajaran
bervariasi, bagi mahasiswa mengantisipasi jaringan, bagi peneliti selanjutnya
penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi.
KATA KUNCI: Mahasiswa ? hambatan pelaksanaan pembelajaran daring ?
Covid 19.
xvi + 52 halaman + 12 tabel + 2 skema + 16 lampiran
KEPUSTAKAAN : 37, 2011 ? 2022