DETAIL DOCUMENT
PENGARUH BERMAIN PUZZLE BERKELOMPOK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK RETARDASI MENTAL DI SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI I SLEMAN TAHUN 2017
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
SETIADI, DEVRI
Subject
100 Philosophy and Psychology 
Datestamp
2019-09-30 02:01:03 
Abstract :
DEVRI SETIADI. ?Pengaruh Bermain Puzzle Berkelompok Terhadap Perkembangan Sosial Anak Retardasi Mental di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri 1 Sleman Yogyakarta 2017? Latar Belakang: Anak yang lahir dengan retardasi mental memiliki kemampuan intelegensi yang rendah. Kemampuan intelegensi yang rendah pada anak dengan retardasi mental menyebabkan anak tidak mampu untuk belajar dan gangguan perkembangan sosial. Bermain merupakan salah satu cara untuk meningkatkan perkembangan sosial. Metode: Desain penelitian menggunakan pre experimental design dengan rancangan one group pre test and post test. Populasi yang diambil anak dengan retardasi mental di SDLB Negeri 1 Sleman kelas 1 ? 4 sebanyak 22 anak. Metode penelitian menggunakan puzzle yang dimainkan secara berkelompok dengan sebelum dan sesudah kegiatan dilakukan pengukuran perkembangan sosial. Hasil: Penelitian dilakukan dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan nilai p untuk perkembangan sosial yaitu 0,008 (p<0,05), dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H? diterima. Terdapat pengaruh bermain puzzle berkelompok terhadap perkembangan sosial anak retardasi mental di SDLB Negeri 1 Sleman Tahun 2017. Kesimpulan: ada pengaruh bermain puzzle berkelompok terhadap perkembangan sosial anak retardasi mental di SDLB Negeri 1 Sleman Tahun 2017. Saran: Peneliti lain diharapkan untuk meneliti faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak retardasi mental. Kata Kunci: Puzzle ? perkembangan sosial ? retardasi mental Xix+121 Hal + 10 tabel + 2 Skema + 14 lampiran Kepustakaan: 2005 - 2013 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum