Abstract :
DEVRI SETIADI. ?Pengaruh Bermain Puzzle Berkelompok Terhadap
Perkembangan Sosial Anak Retardasi Mental di Sekolah Dasar Luar Biasa Negeri
1 Sleman Yogyakarta 2017?
Latar Belakang: Anak yang lahir dengan retardasi mental memiliki kemampuan
intelegensi yang rendah. Kemampuan intelegensi yang rendah pada anak dengan
retardasi mental menyebabkan anak tidak mampu untuk belajar dan gangguan
perkembangan sosial. Bermain merupakan salah satu cara untuk meningkatkan
perkembangan sosial.
Metode: Desain penelitian menggunakan pre experimental design dengan
rancangan one group pre test and post test. Populasi yang diambil anak dengan
retardasi mental di SDLB Negeri 1 Sleman kelas 1 ? 4 sebanyak 22 anak. Metode
penelitian menggunakan puzzle yang dimainkan secara berkelompok dengan
sebelum dan sesudah kegiatan dilakukan pengukuran perkembangan sosial.
Hasil: Penelitian dilakukan dengan menggunakan uji wilcoxon menunjukkan nilai
p untuk perkembangan sosial yaitu 0,008 (p<0,05), dapat disimpulkan bahwa Ho
ditolak dan H? diterima. Terdapat pengaruh bermain puzzle berkelompok terhadap
perkembangan sosial anak retardasi mental di SDLB Negeri 1 Sleman Tahun
2017.
Kesimpulan: ada pengaruh bermain puzzle berkelompok terhadap perkembangan
sosial anak retardasi mental di SDLB Negeri 1 Sleman Tahun 2017.
Saran: Peneliti lain diharapkan untuk meneliti faktor yang mempengaruhi
perkembangan sosial anak retardasi mental.
Kata Kunci: Puzzle ? perkembangan sosial ? retardasi mental
Xix+121 Hal + 10 tabel + 2 Skema + 14 lampiran
Kepustakaan: 2005 - 2013