DETAIL DOCUMENT
KEPUASAN PASIEN PENGGUNA BPJS PBI DALAM MENERIMA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS CILONGOK II KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2017
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
PUSPARINGGA, ISA FANELA
Subject
610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan 
Datestamp
2019-10-04 09:26:16 
Abstract :
ISAFANELAPUSPARINGGA. ?Kepuasan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Peserta Bantuan Iuran (BPJS PBI) dalam Menerima Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cilongok II Kabupaten Banyumas Tahun 2017? Latar Belakang: Derajat kesehatan masyarakat miskin di Indonesia masih rendah. Pemerintah menjalankan program untuk menjamin kesehatan masyarakat miskin dengan menggunakan BPJS PBI, akan tetapi di lapangan masih terdapat banyak keluhan mengenai pelayanan kesehatan terhadap pasien pengguna BPJS PBI. (Depkes RI, 2013). Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran kepuasan dengan aspek: tangibles (bukti fisik), realibility (kehandalan), responsiveness( ketanggapan), assurance(Jaminan), emphaty (empati) pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Peserta Bantuan Iuran (BPJS PBI) dalam menerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Cilongok II Kabupaten Banyumas Tahun 2017. Metode Penelitian: Metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Populasi berjumlah 18.241 orang, pengambilan sampel dihentikan jika data sudah jenuh, sampel yaitu 6 responden. Pengambilan data menggunakan wawancara mendalam. Alat ukur termasuk peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman wawancara, alat perekam (handphone), dan alat tulis. Analisa data dengan cara transkiping, koding, kategorisasi, dan verifikasi data. Hasil: Pasien BPJS PBI di Puskesmas Cilongok II merasa puas dengan pelayanan yang diberikan dalam aspek tangibles (bukti fisik), realibility (kehandalan), responsiveness( ketanggapan), assurance(Jaminan), emphaty (empati) . Kesimpulan: Aspek pelayanan kesehatan tangibles (bukti fisik), realibility (kehandalan), responsiveness( ketanggapan), assurance(Jaminan), emphaty (empati) dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Saran: Diharapkan agar selalu meningkatkan dan mempertahankan kualitas pelayanan dan fasilitas penunjang, selain itu juga perlunya penambahan tenaga medis yaitu dokter supaya waktu pelayanan bisa lebih maksimal lagi. Kata kunci: Kepuasan ? Pasien ? Pengguna ? BPJS PBI xvii+84 hal + 1 tabel + 11 lampiran Kepustakaan: 35, 2007-2016 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum