Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
PUSPARINGGA, ISA FANELA
Subject
610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Datestamp
2019-10-04 09:26:16
Abstract :
ISAFANELAPUSPARINGGA. ?Kepuasan Pasien Pengguna Badan
Penyelenggara Jaminan Sosial Peserta Bantuan Iuran (BPJS PBI) dalam
Menerima Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Cilongok II Kabupaten Banyumas
Tahun 2017?
Latar Belakang: Derajat kesehatan masyarakat miskin di Indonesia masih
rendah. Pemerintah menjalankan program untuk menjamin kesehatan masyarakat
miskin dengan menggunakan BPJS PBI, akan tetapi di lapangan masih terdapat
banyak keluhan mengenai pelayanan kesehatan terhadap pasien pengguna BPJS
PBI. (Depkes RI, 2013).
Tujuan Penelitian: Mengetahui gambaran kepuasan dengan aspek: tangibles
(bukti fisik), realibility (kehandalan), responsiveness( ketanggapan),
assurance(Jaminan), emphaty (empati) pengguna Badan Penyelenggara Jaminan
Sosial Peserta Bantuan Iuran (BPJS PBI) dalam menerima pelayanan kesehatan di
Puskesmas Cilongok II Kabupaten Banyumas Tahun 2017.
Metode Penelitian: Metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi.
Populasi berjumlah 18.241 orang, pengambilan sampel dihentikan jika data sudah
jenuh, sampel yaitu 6 responden. Pengambilan data menggunakan wawancara
mendalam. Alat ukur termasuk peneliti sendiri dengan menggunakan pedoman
wawancara, alat perekam (handphone), dan alat tulis. Analisa data dengan cara
transkiping, koding, kategorisasi, dan verifikasi data.
Hasil: Pasien BPJS PBI di Puskesmas Cilongok II merasa puas dengan pelayanan
yang diberikan dalam aspek tangibles (bukti fisik), realibility (kehandalan),
responsiveness( ketanggapan), assurance(Jaminan), emphaty (empati) .
Kesimpulan: Aspek pelayanan kesehatan tangibles (bukti fisik), realibility
(kehandalan), responsiveness( ketanggapan), assurance(Jaminan), emphaty
(empati) dapat mempengaruhi kepuasan pasien.
Saran: Diharapkan agar selalu meningkatkan dan mempertahankan kualitas
pelayanan dan fasilitas penunjang, selain itu juga perlunya penambahan tenaga
medis yaitu dokter supaya waktu pelayanan bisa lebih maksimal lagi.
Kata kunci: Kepuasan ? Pasien ? Pengguna ? BPJS PBI
xvii+84 hal + 1 tabel + 11 lampiran
Kepustakaan: 35, 2007-2016