Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
BUNGAWATI, MARGARETA
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2019-10-11 04:21:17
Abstract :
MARGARETA BUNGAWATI. ?Perbedaan Kreativitas Mahasiswa dengan
Metode Pembelajaran PBL dan Non PBL Pada Mahasiswa Tingkat I dan II di
STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2017?
Latar Belakang: Hasil survei nasional pendidikan di Indonesia pada tahun 2009
menunjukkan bahwa sistem pendidikan formal di Indonesia pada umumnya masih
kurang memberi peluang bagi pengembangan kreativitas. Di sekolah yang
terutama dilatih adalah ranah kognitif.
Tujuan: Mengetahui perbedaan kreativitas mahasiswa tingkat I dan II dengan
metode pembelajaran PBL dan non PBL di STIKES Bethesda Yakkum
Yogyakarta 2017
Metode : penelitian ini mengunakan quasy eksperimen dengan rancangan post
test design without control group. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa tingkat I dan II Prodi DIII Keperawatan dan S1 Ilmu Keperawatan di
STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta berjumlah 241 mahasiswa. Sampel
berjumlah 150 orang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data
dengan kuesioner Kreativitas.
Hasil: Hasil uji Mann Whitney dengan taraf nyata 5% didapatkan Zhitung -6.426.
Nilai Sig atau P Value 0,000<0,05,sehingga ditarik kesimpulan bahwa hipotesis
nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima yang berarti terdapat perbedaan
kreativitas mahasiswa tingkat I dan II yang dilakukan dengan metode
pembelajaran PBL dan Non PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2017.
Kesimpulan: Ada perbedaan kreativitas mahasiswa tingkat I dan II dengan
metode PBL dan Non PBL di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2017
Saran: Bagi peneliti lain yang tertarik dengan topik yang sama diharapkan
meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas mahasiswa dengan metode
pembelajaran PBL ataupun non PBL
Kata Kunci : Kreativitas ?Metode Pembelajaran PBL ? Metode Pembelajaran non PBL
XVII+101 halaman +7 tabel+3 skema+8 lampiran
Kepustakaan: 58, 2002-2016