Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
MEOL, MARIANUS DE SPIRITU SANTO
Subject
612.6 Reproduksi,pertumbuhan,pendewasaan Termasuk kehamilan dan melahirkan, pertumbuhan embrio,pertumbuhan bayi,pendewasaan,remaja,menstruasi, gerontologi fisik
Datestamp
2019-10-11 06:52:16
Abstract :
Marianus De Spiritu Santo Meol. ?Pengaruh Permainan Edukatif Puzzle
terhadap Perkembangan Kognitif Anak dalam Berhitung di TK Purbonegaran
Sagan Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta Tahun 2017.?
Latar Belakang: World Health Organization (2008), mencatat 5 - 25% anak usia
prasekolah menderita disfungsi otak minor termaksud gangguan perkembangan.
Depertemen Kesehatan Republik Indonesia (2006) mencatat 0,4 juta (16%) anak
mengalami gangguan perkembangan termaksud kecerdasan kurang. Puzzle
merupakan permainan edukatif yang dapat digunakan untuk menstimulus
perkembangan kognitif anak.
Tujuan penelitian: Mengetahui pengaruh permainan edukatif puzzle terhadap
perkembangan kognitif anak dalam berhitung di TK Purbonegaran Sagan
Kecamatan Gondokusuman Yogyakarta tahun 2017.
Metode penelitian: Desain penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one
group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan tanggal 25 sampai 28 Juli
2017. Jumlah populasi dan sampel 22 orang dengan teknik sampel total populasi.
Alat ukur menggunakan kuesioner dengan 12 pertanyaan. Analisa data
menggunakan uji statistik Wilxocon Sign Rank.
Hasil penelitian: Hasil pretest permainan edukatif puzzle yaitu 15 orang (62,8%)
cukup berkembang, 7 orang (31,8%) berkembang baik, sedangkan nilai posttest
17 orang (77,3%) berkembang baik, 5 orang (22,7%) cukup berkembang.
Perhitungan menggunakan uji wilxocon diperoleh t hitung= 0,000 < t tabel=0,05
yang berarti H0 ditolak dan H? diterima.
Kesimpulan: Ada pengaruh permaian edukatif puzzle terhadap perkembangan
kognitif anak dalam berhitung di TK Purbonegaran Sagan Kecamatan
Gondokusuman Yogyakarta Tahun 2017.
Saran: Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan kelompok kontrol.
Kata kunci: Permainan Edukatif Puzzle-Perkembangan kognitif dalam berhitung anak TK Purbonegaran
xix + 87 halaman + 11 tabel + 5 gambar + 2 skema + 12 lampiran
Kepustakaan: 37 (2006-2016).