Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
LANA, MELVINDHY TRIDOLINA
Subject
612.6 Reproduksi,pertumbuhan,pendewasaan Termasuk kehamilan dan melahirkan, pertumbuhan embrio,pertumbuhan bayi,pendewasaan,remaja,menstruasi, gerontologi fisik
Datestamp
2019-10-11 09:04:05
Abstract :
MELVINDHY TRIDOLINA LANA. ?Perbandingan Perkembangan Kognitif
antara Permainan Congklak dan Gadget pada Anak Kelas B 5-6 Tahun di Taman
Kanak-Kanak Pesantren Baru Kota Kediri Tahun 2017?
Latar belakang: Depkes RI, 2006 dalam Akhiani (2015), di Indonesia terdapat
62,02% anak mengalami gangguan perkembangan berupa kecerdasan, gangguan
pendengaran, dan gangguan motorik. Dinkes Jawa Timur (2014), Hasil
pemeriksaan tumbuh kembang anak pra sekolah berjumlah 3.657.353 anak di
Kota Jawa Timur mengalami gangguan perkembangan tumbuh kembang.
Tujuan penelitian: Mengetahui perbedaan kognitif berhitung antara permainan
congklak dan gadget pada anak kelas B 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak
Pesantren Baru Kota Kediri Tahun 2017.
Metode penelitian: Jenis penelitian adalah quasi experimen. Sampel penelitian
menggunakan 40 orang dengan teknik sampling total populasi. Analisis data
menggunakan Wilcoxon match pairs test dengan tingkat kepercayaan 95%.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Hasil : Hasil uji statistik Wilcoxon match pairs test: diperoleh ?-value = 0.317 > ?
= 0,05, yang artinya tidak ada perbedaan kognitif berhitung antara permainan
congklak dan gadget pada anak kelas B 5-6 tahun di TK Pesantren Baru Kota
Kediri Tahun 2017.
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan kognitif berhitung antara permainan congklak
dan gadget pada anak kelas B 5-6 tahun di TK Pesantren Baru Kota Kediri Tahun
2017.
Saran : Diharapkan tenaga kerja di Taman Kanak-Kanak Pesantren Baru Kota
Kediri dapat mengembangkan kemampuan kognitif dengan hal-hal yang baru
pada anak seperti memberikan permainan edukasi untuk anak-anak.
Kata kunci: Kognitif-berhitung-congklak-gadget
xx hal + 134 hal + 20 tabel + 2 skema + 5 gambar + 9 lampiran
Kepustakaan: 51, 2007- 2016