DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN KOGNITIF BERHITUNG ANTARA PERMAINAN CONGKLAK DAN GADGET PADA ANAK KELAS B 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK PESANTREN BARU KEDIRI TAHUN 2017
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
LANA, MELVINDHY TRIDOLINA
Subject
612.6 Reproduksi,pertumbuhan,pendewasaan Termasuk kehamilan dan melahirkan, pertumbuhan embrio,pertumbuhan bayi,pendewasaan,remaja,menstruasi, gerontologi fisik 
Datestamp
2019-10-11 09:04:05 
Abstract :
MELVINDHY TRIDOLINA LANA. ?Perbandingan Perkembangan Kognitif antara Permainan Congklak dan Gadget pada Anak Kelas B 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak Pesantren Baru Kota Kediri Tahun 2017? Latar belakang: Depkes RI, 2006 dalam Akhiani (2015), di Indonesia terdapat 62,02% anak mengalami gangguan perkembangan berupa kecerdasan, gangguan pendengaran, dan gangguan motorik. Dinkes Jawa Timur (2014), Hasil pemeriksaan tumbuh kembang anak pra sekolah berjumlah 3.657.353 anak di Kota Jawa Timur mengalami gangguan perkembangan tumbuh kembang. Tujuan penelitian: Mengetahui perbedaan kognitif berhitung antara permainan congklak dan gadget pada anak kelas B 5-6 tahun di Taman Kanak-Kanak Pesantren Baru Kota Kediri Tahun 2017. Metode penelitian: Jenis penelitian adalah quasi experimen. Sampel penelitian menggunakan 40 orang dengan teknik sampling total populasi. Analisis data menggunakan Wilcoxon match pairs test dengan tingkat kepercayaan 95%. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil : Hasil uji statistik Wilcoxon match pairs test: diperoleh ?-value = 0.317 > ? = 0,05, yang artinya tidak ada perbedaan kognitif berhitung antara permainan congklak dan gadget pada anak kelas B 5-6 tahun di TK Pesantren Baru Kota Kediri Tahun 2017. Kesimpulan: Tidak ada perbedaan kognitif berhitung antara permainan congklak dan gadget pada anak kelas B 5-6 tahun di TK Pesantren Baru Kota Kediri Tahun 2017. Saran : Diharapkan tenaga kerja di Taman Kanak-Kanak Pesantren Baru Kota Kediri dapat mengembangkan kemampuan kognitif dengan hal-hal yang baru pada anak seperti memberikan permainan edukasi untuk anak-anak. Kata kunci: Kognitif-berhitung-congklak-gadget xx hal + 134 hal + 20 tabel + 2 skema + 5 gambar + 9 lampiran Kepustakaan: 51, 2007- 2016 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum