Abstract :
SUMIRAT PUTRI WIBAWANTI, ?Pengaruh Story Telling dengan Media
Gambar terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Dasar
Khusus Autisme Bina Anggita Tahun 2017?.
Latar Belakang: Salah satu jenis anak berkebutuhan khusus yang banyak dijumpai
adalah autis. Jumlah anak autis di Yogyakarta semakin meningkat, pada tahun 2008
dari 98.000 kelahiran terdapat 196 anak yang menyandang autis, kemudian tahun
2009 dari 100.000 kelahiran terdapat 200 anak yang menyandang autis dan pada
tahun 2010 tercatat dari dari 202.500 kelahiran terdapat 205 anak yang menyandang
autis. Salah satu gangguan yang terdapat pada anak autis yaitu keterbatasan
interaksi sosial.
Tujuan: Mengetahui pengaruh story telling dengan media gambar terhadap
kemampuan interaksi sosial pada anak autis di Sekolah Dasar Khusus Autisme Bina
Anggita Tahun 2017.
Metode Penelitian: Menggunakan metode Pre Experimental Design dengan
rancangan one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini
berjumlah 43 anak. Sampel berjumlah 15 anak diambil dengan teknik Purposive
Sampling. Analisis data menggunakan Wilcoxon.
Hasil: Analisa data menggunakan uji Wilcoxon pada tingkat kemaknaan 95% (?
0,05) diperoleh nilai hitung (p value=0,000).
Kesimpulan: Ada pengaruh story telling dengan media gambar terhadap
kemampuan interaksi sosial anak autis di Sekolah Dasar Khusus Autisme Bina
Anggita Tahun 2017
Saran: Untuk peneliti selanjutnya supaya menambahkan jumlah sampel supaya
bisa digeneralisasikan dan menambah observasi perubahan tingkah laku anak.
Kata Kunci: Autis, Interaksi Sosial, Story Telling, Media Gambar
xviii + 95 hal + 12 tabel + 2 skema + 13 lampiran
Kepustakaan: 61, 2007-2017