Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
DITO, TINO PRIMA
Subject
612.6 Reproduksi,pertumbuhan,pendewasaan Termasuk kehamilan dan melahirkan, pertumbuhan embrio,pertumbuhan bayi,pendewasaan,remaja,menstruasi, gerontologi fisik
Datestamp
2019-10-16 08:59:05
Abstract :
TINO PRIMA DITO ?Studi Kualitatif Persepsi Guru terhadap Alat Permainan
Edukatif untuk Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di Taman
Kanak-Kanak Wijaya Danu Condongcatur Tahun 2017?
Latar Belakang: Masa kanak-kanak merupakan masa bermain. Bermain
merupakan cara anak untuk mengembangkan seluruh potensi yang ada pada
dirinya. Guru seharusnya memberi pengawasan dan bimbingan anak dalam
bermain dan belajar, agar perkembangannnya dapat dipantau.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap alat
permainan edukatif untuk perkembangan motorik halus anak usia prasekolah di
Taman Kanak-Kanak Wijaya Danu Condongcatur Depok Sleman 2017.
Metode: Desain penelitian menggunakan desain kualitatif dengan metode
fenomenologi. Sampel yang digunakan adalah guru yang mengajar di Taman
Kanak-Kanak Wijaya Danu Condongcatur dengan populasi 9 orang didapatkan
sampel 5 orang responden. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara semi
structured.
Hasil: Perkembangan motorik halus adalah perkembangan yang melibatkan
koordinasi otak dan gerakan jari tangan, tidak membutuhkan tenaga yang besar.
Peran orangtua sangat mempengaruhi perkembangan motorik halus pada anak.
Peran dan bimbingan guru dapat mempengaruhi perkembangan motorik halus
anak. Mewarnai gambar merupakan salah satu contoh alat permainan edukatif
yang bermanfaat merangsang motorik halus.
Kesimpulan: Penggunaan alat permainan edukatif yaitudinilai mampu
meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak dengan memberikan
stimulasi bertahap dan berkesinambungan sesuai dengan tingkat
perkembangannya.
Saran: Diharapkan bagi peneliti selanjutnya agar dapat meneliti lebih lanjut
mengenai penggunaan alat permainan edukatif untuk perkembangan motorik
halus pada anak menurut persepsi dari orangtua.
Kata Kunci: Persepsi, Guru, Alat Permainan Edukatif, Motorik Halus, Anak
xvi + 76 halaman + 2 tabel + 2 skema + 13 lampiran
Kepustakaan: 36, 2010-2017