Abstract :
CHRISTIN VESSA ARIESTA. ?Studi Komparatif Efektivitas Pendidikan
Kesehatan Metode Ceramah Dengan Audiovisual dan Bermain Terhadap Perilaku
Gosok Gigi Pada Siswa Kelas I SD Negeri Lempuyangan I Yogyakarta 2017?.
Latar Belakang: Data Riskesdas tahun 2013 menunjukkan presentase menggosok
gigi di Indonesia sebesar 2,3% dan pada masalah gigi dan mulut pada anak umur 5-9
tahun sebesar 28,9%. Menggosok gigi merupakan hal yang mudah tetapi seringkali
diabaikan oleh masyarakat, sehingga menimbulkan masalah gigi dan mulut.
Pencegahan yang diperlukan dalam menanggulangi masalah gigi dan mulut pada
anak usia sekolah yaitu dengan pendidikan kesehatan.
Tujuan: Mengetahui perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan metode ceramah
dengan audiovisual dan bermain terhadap perilaku gosok gigi pada siswa kelas I SD
Negeri Lempuyangan I Yogyakarta 2019.
Metode: Desain penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan two groups pretest
and postest without control group. Sampel penelitian sebanyak 40 responden.
Analisis data menggunakan Mann Whitney Test.
Hasil: Hasil analisis data didapatkan p value > 0,05, yaitu p value 0.317.
Kesimpulan: Tidak ada perbedaan efektivitas pendidikan kesehatan metode ceramah
dengan audiovisual dan bermain terhadap perilaku gosok gigi pada siswa kelas I SD
Negeri Lempuyangan I Yogyakarta.
Saran: Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai data dasar untuk
mengembangkan penelitian lebih lanjut tentang pendidikan kesehatan metode
ceramah dan bermain dengan melakukan permainan secara komperhensif.
Kata Kunci: pendidikan kesehatan-ceramah-audiovisual-bermain-usia sekolah
xxiv + 118 + 10 tabel + 3 skema + 17 gambar + 12 lampiran
kepustakaan : 51, 2003-2016