Abstract :
DEBORA NOVIANTI, ?Hubungan Kualitas Pelayanan Ramah Lansia dengan
Kepuasan Lansia di Puskesmas Gondokusuman I Yogyakarta tahun 2019?
Latar Belakang: Suatu kebijakan perlindungan lansia salah satunya pengadaan
program puskesmas santun lansia yang dimulai dicanangkan sejak tahun 2003,
bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup lansia, namun masih sedikit puskesmas
yang menerapkannnya. Sehingga penelitian ini penting dilakukan untuk evaluasi
dalam pelaksanaannya. Studi awal yang dilakukan Senin, 23 Juli 2018 diperoleh data
dari Puskesmas Gondokusuman I bahwa jumlah lansia yang berkunjung ke
Puskesmas pada bulan Juli berjumlah 715 orang sedangkan di bulan Juni berjumlah
555 orang dan Mei berjumlah 713 orang.
Tujuan: Mengetahui adanya hubungan Kualitas Pelayanan Ramah Lansia Dengan
Kepuasan Lansia Di Puskesmas Gondokusuman I Yogyakarta bulan April 2019.
Metode: Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif desain penelitian deskriptif
korelasi dan pendekatan cross sectional, pengambilan sampel Non Probability
Sampling dengan jumlah 57 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis
univariat dan bivariat.
Hasil: Penelitian ini menunjukan hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan
ramah lansia dengan kepuasan lansia di Puskesmas Gondokusuman I Yogyakarta
dengan nilai Asymp.Sig sebesar 0,000 atau nilai Asimp.Sig < 0,05 dan nilai
kereratannya 0,495.
Kesimpulan: Kualitas pelayanan memiliki hubungan yang signifikan dengan
kepuasan lansia di Puskesmas Gondokusuman I Yogyakarta dengan tingkat korelasi
cukup diantara kedua variabel.
Saran: Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan peran dari faktor-faktor
relevan lain dengan memperhatikan aspek internal dan eksternal petugas Puskesmas
Ramah Lansia, dan hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai data dasar untuk
penelitian selanjutnya.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, ramah lansia, kepuasan lansia, Puskesmas.
xvi + 97 hal + 10 tabel + 2 skema + 19 lampiran
kepustakaan : 2009-2017