Abstract :
HIERONIMUS DORI ARNANDA. ?Hubungan Pola Komunikasi Keluarga
Dengan Perkembangan Bahasa Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder
(ADHD) Usia 3-6 Tahun di Rumah Sakit Jiwa Profesor Dr. Soerojo Magelang?
Latar Belakang : Masalah yang dialami oleh anak ADHD ternyata tidak hanya
sebatas perilaku yang inattention, impulsive, and hyperactivity, tetapi pada usia
prasekolah juga mengalami keterlambatan dalam kemampuan bahasa. Hasil dari
studi pendahuluan didapatkan tiga dari empat anak ADHD terdiagnosis
mengalami gangguan perkembangan bahasa. Stimulasi sangat diperlukan oleh
keluarga, salah satunya dengan pola komunikasi yang baik. Dua dari empat
keluarga anak ADHD memiliki komunikasi yang kurang baik.
Tujuan : Mengetahui hubungan pola komunikasi keluarga dengan perkembangan
bahasa anak Atention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) usia 3-6 tahun di
Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soerojo Magelang.
Metode : Desain penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Teknik pengambilan
sampel yang digunakan adalah total populasi dengan jumlah sampel 30 orang.
Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner pola komunikasi keluarga dan
DDST II. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Spearmen Rank.
Hasil : Uji statistik dengan Spearmen Rank dengan tingkat signifikan (?) 0,05
didapatkan nilai p value = 0,00 < 0,05, dengan tingkat keeratan 0,800 (sangat
kuat).
Kesimpulan: Ada hubungan yang bermakna antara pola komunikasi keluarga
dengan perkembangan bahasa anak ADHD usia 3-6 tahun di RSJ Prof. Dr.
Soerojo Magelang.
Saran : Peneliti menyarankan peneliti lain meneliti tentang faktor-faktor lain
yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak ADHD.
Kata Kunci : Pola Komunikasi Keluarga - Perkembangan Bahasa - ADHD
xvi + 98 halaman + 18 tabel + 5 gambar + 2 skema + 19 lampiran
Kepustakaan : 28, 2009 - 2018