DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN ANTARA DURASI PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK PRE SCHOOL DI TAMAN KANAK-KANAK PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA TAHUN 2019
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
VIANDANI, NATASHA
Subject
100 Philosophy and Psychology 
Datestamp
2020-12-04 08:05:57 
Abstract :
NATASHA VIANDANI. ?Hubungan antara Durasi Penggunaan Gadget dengan Kemampuan Bahasa pada Anak Pre School di Taman Kanak-kanak Pangudi Luhur Yogyakarta Tahun 2019?. Latar Belakang : Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek pengembangan yang berperan penting dalam perkembangan anak serta mempengaruhi masa tumbuh kembang anak di masa selanjutnya. Pengenalan gadget terlalu dini pada anak dapat memberikan dampak positif maupun negatif. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor seperti frekuensi, durasi, dan pengawasan orang tua. Tujuan : Mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan kemampuan bahasa pada anak pre school di Taman Kanak-kanak Pangudi Luhur Yogyakarta tahun 2019. Metode : Desain penelitian ini adalah analitik korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah 139 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner durasi penggunaan gadget dan DDST II. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Chi Square. Hasil : Uji statistik dengan Chi-Square dengan tingkat kemaknaan (?) 0,05 didapatkan nilai p value = 0,013 (p value < ? = 0,013 < 0,05), dengan tingkat keeratan 0,269 (rendah). Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara durasi penggunaan gadget dengan kemampuan bahasa pada anak pre school di Taman Kanak-kanak Pangudi Luhur Yogyakarta tahun 2019. Saran : Peneliti lain dapat melakukan penelitian lain tentang penggunaan gadget terhadap perkembangan motorik halus. Kata Kunci : Gadget ? Bahasa ? Perkembangan ? DDST II xix + 106 halaman + 21 tabel + 2 skema + 2 gambar + 14 lampiran Kepustakaan : 56, 2006 ? 2018 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum