Abstract :
NATASHA VIANDANI. ?Hubungan antara Durasi Penggunaan Gadget dengan
Kemampuan Bahasa pada Anak Pre School di Taman Kanak-kanak Pangudi
Luhur Yogyakarta Tahun 2019?.
Latar Belakang : Perkembangan bahasa merupakan salah satu aspek
pengembangan yang berperan penting dalam perkembangan anak serta
mempengaruhi masa tumbuh kembang anak di masa selanjutnya. Pengenalan
gadget terlalu dini pada anak dapat memberikan dampak positif maupun negatif.
Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor seperti frekuensi, durasi, dan pengawasan
orang tua.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara durasi penggunaan gadget dengan
kemampuan bahasa pada anak pre school di Taman Kanak-kanak Pangudi Luhur
Yogyakarta tahun 2019.
Metode : Desain penelitian ini adalah analitik korelasional. Teknik pengambilan
sampel menggunakan stratified random sampling dengan jumlah 139 orang.
Pengumpulan data menggunakan kuesioner durasi penggunaan gadget dan DDST
II. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Chi Square.
Hasil : Uji statistik dengan Chi-Square dengan tingkat kemaknaan (?) 0,05
didapatkan nilai p value = 0,013 (p value < ? = 0,013 < 0,05), dengan tingkat
keeratan 0,269 (rendah).
Kesimpulan : Ada hubungan yang bermakna antara durasi penggunaan gadget
dengan kemampuan bahasa pada anak pre school di Taman Kanak-kanak Pangudi
Luhur Yogyakarta tahun 2019.
Saran : Peneliti lain dapat melakukan penelitian lain tentang penggunaan gadget
terhadap perkembangan motorik halus.
Kata Kunci : Gadget ? Bahasa ? Perkembangan ? DDST II
xix + 106 halaman + 21 tabel + 2 skema + 2 gambar + 14 lampiran
Kepustakaan : 56, 2006 ? 2018