Abstract :
OSHIN MARSELLA. ?Hubungan Antara Paparan Iklan Rokok Dengan
Motivasi Merokok Pada Remaja Lelaki Di SMA Negeri 01 Jagoi Babang
Bengkayang Tahun 2019?.
Latar Belakang: Perilaku remaja merokok menurut statistik pemuda Indonesia
menyebutkan total remaja merokok sebesar 26,44%1. Remaja merokok mudah
ditemukan pada masyarakat karena sudah dianggap suatu kebiasaan yang tidak
membahayakan bagi manusia sehingga terus terjadi peningkatan jumlah perokok
dikalangan remaja dan prilaku merokok ini banyak ditemukan pada remaja di
tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).
Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara paparan
iklan rokok dengan motivasi merokok pada remaja lelaki di SMA Negeri 01 Jagoi
Babang Bengkayang Tahun 2019.
Metode: Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian
menggunakan korelasi dengan pendekatan Cross Sectional. Total populasi dan
sampel sebanyak 80 orang. Analisis Bivariat menggunakan uji statistik Kendal?s
Tau.
Hasil: Hasil analisis uji statistik didapat Asimp.Sig sebesar 0,602 atau nilai
Asymp.Sig >0,05 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,058.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang signifikan antara paparan iklan rokok
dengan motivasi merokok pada remaja lelaki di SMA Negeri 01 Jagoi Babang
Bengkayang Tahun 2019 dan memiliki keeratan hubungan yang rendah
Saran: Bagi peneliti selanjutnya yang akan melaksanakan penelitian serupa bisa
memperhatikan variabel lain seperti lingkungan sosial dan pengaruh teman
sebaya, sehingga mampu memberikan gambaran yang lebih luas tentang motivasi
merokok.
Kata Kunci: Paparan Iklan Rokok, Motivasi Merokok, Remaja
xix + 86 hal + 11 tabel + 2 skema + 20 lampiran
Kepustakaan: 41, 2008-2018