Abstract :
Elvira K Toridu. ?Studi deskriptif masalah perilaku emosional pada anak
prasekolah pasca gempa dan tsunami di Huntaran Balaroa Kota Palu Sulawesi
Tengah?.
Latar Belakang : Bencana alam gempa dan tsunami akan menimbulkan trauma
psikologis. Trauma psikologis akan menimbulkan masalah psikologis terutama
perilaku emosional pada anak-anak sehingga perlu adanya deteksi dini untuk
mengetahui gambaran masalah perilaku emosional pada anak.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran masalah
perilaku emosional pada anak prasekolah pasca gempa dan tsunami di Huntaran
Balaroa
Metode Penelitian : Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi
dalam penelitian ini 60 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan
accidental sampling dengan jumlah sampel 36 responden. Alat ukur yang
digunakan adalah kuesioner masalah perilaku emosional (KMPE) di analisis
dengan univariat.
Hasil Penelitan : Hasil deteksi dini masalah perilaku emosional pada anak
prasekolah pasca gempa dan tsunami 30 respoden (83,3%) mengalami masalah
perilaku, 26 responden (72,2%) mengalami masalah emosional dan 31 responden
(86,1%) mengalami masalah perilaku emosional.
Kesimpulan : Sebagian besar anak prasekolah pasca gempa dan tsunami
mengalami masalah perilaku, masalah emosional dan masalah perilaku emosional.
Saran : Bagi peneliti selanjutnya dapat meneliti mengenai faktor-faktor yang
berhubungan dengan masalah perilaku pada anak prasekolah pasca gempa dan
tsunami.
Kata Kunci : Masalah perilaku emosional, Anak Prasekolah, Pasca Gempa dan
Tsunami.
xvii + 87 hal+10 tabel + 11 lampiran + 2 skema
Kepustakaan : 48, 2009 - 2019