Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
DWIUTAMI, YENNY
Subject
610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Datestamp
2021-05-07 08:18:20
Abstract :
YENNY DWIUTAMI. ?Hubungan Motivasi, Pendidikan, Pengetahuan dan Sikap
dengan Kepatuhan Perawat dalam Mendokumentasikan Assesment Ulang Nyeri di
Ruang Rawat Inap RS Bethesda Yogyakarta 2020?.
Latar Belakang: Kepatuhan perawat dalam mendokumentasikan assesment nyeri
menunjukkan mutu sebuah Rumah Sakit dan termasuk penilaian Standar Akreditasi
RS. Kenyataannya pengisian dokumentasi assesment ulang nyeri tidak sesuai SPO,
ketidak patuhan perawat dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya motivasi,
pendidikan, pengetahuan dan sikap.
Tujuan: mengetahui hubungan antara motivasi, pendidikan, pengetahuan dan sikap
dengan kepatuhan perawat dalam mendokumentasikan assesment ulang nyeri.
Metode: desain analitik korelational dengan pendekatan cross sectional. Sampel
penelitian adalah 34 perawat, pelaksanaan di ruang rawat inap RS Bethesda dengan
teknik proportional random sampling. Analisis menggunakan Fisher?s exact test,
dengan tingkat kemaknaan ? = 0,05
Hasil Penelitian: Karakteristik responden umur antara 40-49 th perempuan 91,9%
responden, laki-laki 8,9 % Motivasi perawat sedang 59 %, 94,1 % pendidikan D-8, 94
% pengetahuan perawat tinggi, 79 % sikap perawat baik, 73,5 % perawat tidak patuh.
Variabel motivasi p value = 1.000, tingkat pendidikan p value = 0.465, tingkat
pengetahuan p value = 0.465, sikap p value = 1.000
Kesimpulan: Tidak ada hubungan antara motivasi, pendidikan, pengetahuan dan
sikap dengan kepatuhan perawat dalam mendokumentasikan assesment ulang nyeri
di ruang rawat inap RS Bethesda 2020.
Saran: RS mengadakan pengawasan langsung terhadap perawat dan meningkatkan
motivasi perawat dalam mendokumentasikan assesment ulang nyeri
Kata kunci: Motivasi - Pendidikan - Pengetahuan ? Sikap - Kepatuhan Perawat -
Assesment Ulang Nyeri.
xvi + 123 halaman + 17 tabel + 2 gambar + 2 skema
Kepustakaan: 37, 2010-2019