Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
MAHANANI, RESTU
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2021-05-07 06:47:24
Abstract :
RESTU MAHANANI. Gambaran Self-Directed Learning dalam Metode
Problem Based Learning pada mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan
STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2019.
Latar Belakang : Self-Directed Learning didefinisikan sebagai kemampuan
mahasiswa mengambil inisiatif untuk bertanggung jawab terhadap pelajarannya
dengan atau tanpa orang lain. Berdasar jurnal Meity (2017) didapatkan hasil SDL
mahasiswa fakultas-fakultas kedokteran di Asia masih rendah. Hasil wawancara
kepada 25 mahasiswa, 10 mahasiswa Tingkat I tujuh mengatakan mengatakan
merasa kesulitan dengan metode PBL karena belum terbiasa untuk mencari materi
sendiri. 10 mahasiswa tingkat II, lima mahasiswa merasa PBL semakin sulit
karena mulai mempelajari sistem. Lima mahasiswa Tingkat III dua mahasiswa
mengatakan merasa mulai bosan.
Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar kesiapan
Self-Directed Learning pada mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatn
STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2019.
Metode : Penelitian ini dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Sampel yang
didapat adalah 148 mahasiswa dengan teknik proportional stratified random
sampling. Analisa data menggunakan analisa univariat.
Hasil : Hasil penelitian menunjukan dari 148 responden mayoritas memiliki
kategori self directed learning tinggi yaitu sebanyak 123 mahasiswa (83,1%).
Kesimpulan : Kesimpulan penelitian gambaran Self Directed Learning dalam
Metode Problem Based Learning dalam kategori tinggi.
Saran : Peneliti menyarankan untuk peneliti lain meneliti tentang Self-Directed
Learning mengunakan metode kualitatif.
Kata Kunci : Self Directed Learning Problem Based Learning
Xvi+71 halaman+10 tabel+2 skema+11 lampiran
Kepustakaan : 30, 2010-2018