Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
MATAHATI, BUNGA EDELWEIS
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2021-05-07 06:22:03
Abstract :
BUNGA EDELWEIS Hubungan Self Efficacy Dengan Tingkat Kelulusan Uji
Kompetensi Pada Mahasiswa Profesi Ners di STIKES Bethesda Yakkum
Yogyakarta Tahun 2020.
Latar Belakang: Uji Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) adalah suatu ujian yang
digunakan untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan
standar profesi ners. Namun kenapa UKNI belum lulus 100%, setelah dilihat
kembali terdapat faktor yang mempengaruhi tingkat kelulusan yaitu mahasiswa
kurang persiapan untuk menghadapi uji kompetensi seperti mendalami kasus,
materi dan mengikuti tryout. Sehingga diperlukan keyakinan diri mempersiapkan
uji kompetensi, maka dari itu peneliti ingin maka dari itu peneliti ingin meneliti
tentang self efficacy dengan tingkat kelulusan uji kompetensi.
Tujuan: Mengetahui Hubungan Self-Efficacy Dengan Tingkat Kelulusan Uji
Kompetensi Mahasiswa Profesi Ners Di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta
Tahun 2020.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian studi korelasi dengan
pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel 56 orang di STIKES Bethesda
Yakkum Yogyakarta tahun 2020, teknik purposive sampling, dengan alat ukur
kuesioner. Analasia data menggunakan spss.
Hasil Penelitian: Hasil perhitungan uji statistic didapatkan self efficacy tinggi
yaitu 96,4% dan self efficacy rendah 3,6%.
Kesimpulan: Terdapat hubungan antara self efficacy dengan tingkat kelulusan uji
kompetensi pada mahasiswa profesi Ners di STIKES Bethesda Yakkum
Yogyakarta 2020. Tingkat keeratan 0,707.
Saran: Bagi peneliti lain yang akan meneliti dengan topic yang sama diharapkan
dapat meneliti lebih mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi self
efficacy Mahasiswa Profesi Ners dalam menghadapi uji kompetensi.
Kata Kunci: Self efficacy -Tingkat Kelulusan-Tingkat Kelulusan-Uji Kompetensi
Xvii + 63 halaman + 8 tabel + 2 skema + 15 lampiran
Kepustakaan: 35, 2010-2017