Abstract :
Fransiska Julia. ?Studi Deskriptif Perilaku Emosional Anak PrasekolahPasca
Bencana Banjir di Taman Kanak-kanak (TK) Negeri 06 Bengkuring Kecamatan
Samarinda Utara Tahun 2020?.
Latar Belakang: Bencana adalah peristiwa yang mengancam dan mengganggu
kehidupan masyarakat. Dampak dari bencana alam akan menimbulkan masalah
psikologis, terutama, anak merupakan salah satu kelompok usia yang rentan
terhadap dampak bencana banjir. Trauma psikologis setelah bencana alam akan
menimbulkan masalah psikologis terutama masalah perilaku emosional maka
perlu adanya deteksi dini untuk mengetahui masalah perilaku emosional pada
anak prasekolah.
Tujuan: Untuk mengetahui gambaran perilaku emosional anak prasekolah di
Taman Kanak-kanak (TK) Negeri 06 Bengkuring Kecamatan Samarinda Utara.
Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif. Teknik pengambilan sampel
menggunakan total populasi dengan jumlah 36 responden. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner masalah perilaku emosional dianalisis dengan
univariat.
Hasil: Hasil deteksi dini perilaku emosional pada anak prasekolah pasca
bencana banjir di Taman Kanak-Kanak Negeri 06 Bengkuring Kecamatan
Samarinda Utara yang mengalami perilaku emosional sebanyak 26 responden
(72, 2%) dan 10 responden (27, 6%) tidak mengalami perilaku emosional.
Kesimpulan: Hasil deteksi dini perilaku emosional pada anak prasekolah pasca
bencana banjir sebagian besar mengalami perilaku emosional sebanyak 26
responden (72, 2%).
Saran: Peneliti lain dapat melakukan penelitian tentang faktor-faktor yang
berhubungan dengan masalah perilaku emosional pada anak prasekolah pasca
bencana banjir.
Kata Kunci : Masalah Perilaku Emosional ?Anak Prasekolah?Pasca Banjir
cxxii+132 hal+ 6 tabel+2 skema+ 10 lampiran+kepustakaan 37, 2010-2019.