DETAIL DOCUMENT
STUDI DESKRIPTIF TINGKAT KEPUASAN PASIEN TENTANG PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA 2020
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
PURWANTI, KRISTINA EKA
Subject
613 Kesehatan Umum dan Perorangan 
Datestamp
2021-05-07 03:17:45 
Abstract :
KRISTINA EKA PURWANTI ?Studi Deskriptif Tingkat Kepuasan Pasien tentang Pelayanan Kesehatan di Klinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta 2020?. Latar Belakang: Kepuasan merupakan salah satu indikator sangat penting dalam pelayanan kesehatan. Kepuasan pelanggan menjadi salah satu tujuan yang akan dicapai oleh rumah sakit, pengukuran kepuasan pelanggan dilakukan untuk mengetahui apakah kinerja yang telah dilakukan rumah sakit telah tercapai sesuai dengan yang diharapakan atau masih ada perbaikan untuk meningkatkan pelayanan, Terciptanya kepuasan pelanggan yang diharapkan dapat memberikan efek yang positif terhadap kelangsungan kegiatan rumah sakit atau organisasi pelayanan kesehatan.Kepuasan pasien dinilai dengan dimensi RATER, yaitu reliability, assurance, tangible, empathy, responsiveness Tujuan: Mengetahui Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien tentang Pelayanan Kesehatan di Klinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta 2020.Mengetahui karakteristik responden berdasarkan usia, jenis kelamin, pendidikan, dan pekerjaan utama. Mengetahui kepuasan pasien berdasarkan dimensi pelayanan kesehatan. Metode: Penelitian menggunakan analitik Deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasinya adalah pasien yang berada di Klinik Penyakit Dalam Rumah sakit Bethesda Yogyakarta. Jumlah sampel responden 92 orang dengan pengambilan sampel Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan analisis univariat. Hasil: Tingkat Kepuasan pasien menyatakan sangat puas 55,43 %, menyatakan sangat puas pada dimensi reliability (60,87%), dan Empathy (60,87%) menyatakan puas pada dimensi assurance ada (56,52 %), tangible (50,00%) dan responsiveness responden (59,78%). Kesimpulan: Tingkat Kepuasan pasien menyatakan sangat puas yaitu 55,43 %. Saran: Peneliti yang ingin meneliti terkait kepuasan pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta disarankan dapat lebih banyak lagi variable yang digunakan dan menggali lebih dalam tentang faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien berdasarkan karakteristik pasien. Kata kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan kesehatan, rawat jalan xv + 96 Halaman + 12 Tabel +2 skema +16 Lampiran Kepustakaan: 33, (2003-2018) 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum