Abstract :
KRISTINA EKA PURWANTI ?Studi Deskriptif Tingkat Kepuasan Pasien
tentang Pelayanan Kesehatan di Klinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Bethesda
Yogyakarta 2020?.
Latar Belakang: Kepuasan merupakan salah satu indikator sangat penting dalam
pelayanan kesehatan. Kepuasan pelanggan menjadi salah satu tujuan yang akan
dicapai oleh rumah sakit, pengukuran kepuasan pelanggan dilakukan untuk
mengetahui apakah kinerja yang telah dilakukan rumah sakit telah tercapai sesuai
dengan yang diharapakan atau masih ada perbaikan untuk meningkatkan
pelayanan, Terciptanya kepuasan pelanggan yang diharapkan dapat memberikan
efek yang positif terhadap kelangsungan kegiatan rumah sakit atau organisasi
pelayanan kesehatan.Kepuasan pasien dinilai dengan dimensi RATER, yaitu
reliability, assurance, tangible, empathy, responsiveness
Tujuan: Mengetahui Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien tentang Pelayanan
Kesehatan di Klinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta
2020.Mengetahui karakteristik responden berdasarkan usia, jenis kelamin,
pendidikan, dan pekerjaan utama. Mengetahui kepuasan pasien berdasarkan
dimensi pelayanan kesehatan.
Metode: Penelitian menggunakan analitik Deskriptif dengan pendekatan Cross
Sectional. Populasinya adalah pasien yang berada di Klinik Penyakit Dalam
Rumah sakit Bethesda Yogyakarta. Jumlah sampel responden 92 orang dengan
pengambilan sampel Accidental Sampling. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner dengan analisis univariat.
Hasil: Tingkat Kepuasan pasien menyatakan sangat puas 55,43 %, menyatakan
sangat puas pada dimensi reliability (60,87%), dan Empathy (60,87%)
menyatakan puas pada dimensi assurance ada (56,52 %), tangible (50,00%) dan
responsiveness responden (59,78%).
Kesimpulan: Tingkat Kepuasan pasien menyatakan sangat puas yaitu 55,43 %.
Saran: Peneliti yang ingin meneliti terkait kepuasan pasien di Instalasi Rawat
Jalan Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta disarankan dapat lebih banyak lagi
variable yang digunakan dan menggali lebih dalam tentang faktor faktor yang
mempengaruhi kepuasan pasien berdasarkan karakteristik pasien.
Kata kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan kesehatan, rawat jalan
xv + 96 Halaman + 12 Tabel +2 skema +16 Lampiran
Kepustakaan: 33, (2003-2018)