Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
SOPABA, DEMITRIUS
Subject
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi)
Datestamp
2019-09-04 07:39:33
Abstract :
Demitrius Sopaba. ?Hubungan antara Motivasi Belajar dengan Minat Mengikuti
Problem Based Learning (PBL) pada Mahasiswa Tingkat II Program Pendidikan
Sarjana Keperawatan di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2018?.
Latar Belakang : Metode pembelajaran PBL akan mendorong rasa ingin tahu,
berfikir kritis, analisis dan rasa kepuasan pada diri mahasiswa, sehingga
mahasiswa termotivasi untuk belajar. Suasana ruangan panas dan gaduh dalam
pembelajaran PBL dapat menurunkan minat mahasiswa mengikuti PBL.
Tujuan : Mengetahui hubungan motivasi belajar dan minat mengikuti problem
based learning (PBL) mahasiswa tingkat II program studi Sarjana Keperawatan di
STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta 2018.
Metode : Desain penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan cross sectional.
Jumlah sampel yang diambil 47 mahasiswa tingkat II prodi sarjana keperawatan
STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta.Teknik sampling menggunakan purposive
sampling sebanyak 47 responden. Instrument berupa kuisioner tertutup. Analisis
menggunakan Spearman Rank dengan komputerisasi.
Hasil : Didapatkan hasil p value sebesar 0,000 dengan tingkat kemaknaan ?= 0.05
(p < 0.05) maka H0 ditolak dan H? diterima dengan nilai korelasi sebesar 0,525.
Kesimpulan : Ada hubungan motivasi belajar dan minat mengikuti PBL pada
mahasiswa tingkat II program studi Sarjana Ilmu Keperawatan di STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta 2018 dengan tingkat keeratan hubungan sedang.
Saran : Bagi mahasiswa diharapkan mahasiswa mempersiapkan diri sebelum
proses pembelajaran PBL dimulai dengan membaca segala referensi tentang
materi yang akan dibahas, meningkatkan partisipasi dalam proses pembelajaran
PBL
Kata kunci : Motivasi Belajar - Minat ? Problem Based Learning
xviii + 99 hal + 9 tabel + 7 lampiran + 2 skema