Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
JULI, ELISABET KRIDA SETYA
Subject
100 Philosophy and Psychology
Datestamp
2019-09-04 09:50:37
Abstract :
ELISABET KRIDA SETYAJULI: ?Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi
Dosen STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta untuk Melanjutkan Studi ke Luar
Negeri Tahun 2018?
Latar belakang: Pendidikan dituntut untuk dapat menciptakan dan meningkatkan
mutu yang baik sehingga mampu menghadapi tantangan dan hambatan. Salah satu
cara untuk tetap mempertahankan mutu pendidikan adalah dengan meningkatkan
kemampuan dosen dengan menempuh pendidikan ke luar negeri.
Tujuan: Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dosen STIKES
Bethesda Yakkum Yogyakarta untuk melanjutkan studi ke luar negeri tahun 2018.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain survey analitik dan pendekatan cross
sectional dengan populasi sebanyak 40 dosen STIKES Bethesda Yakkum
Yogyakarta. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling
sebanyak 32 dosen Pengumpulan data menggunakan kuesioner berjumlah 2
pertanyaan dan 44 pernyataan. Analisis data menggunakan Chi Square dan
Spearman Rank.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar perawat memiliki tingkat
motivasi tinggi sebanyak 18 dosen (56,3%). Dari hasil analisis menunjukkan bahwa
tidak ada pengaruh yang signifikan antara usia, jenis kelamin, kemampuan Bahasa
Inggris, beasiswa, penghargaan terhadap diri sendiri, dan dukungan atasan terhadap
motivasi dosen studi ke luar negeri (p > 0,05). Ada pengaruh yang signifikan antara
masa kerja dengan motivasi dosen studi ke luar negeri (p < 0,05).
Kesimpulan: Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh antara masa kerja
dengan motivasi melanjutkan studi ke luar negeri.
Saran: Masa kerja yang lama diharapkan tetap dapat meningkatkan motivasi
melanjutkan studi ke luar negeri sebagai aktualisasi diri.
Kata kunci: motivasi-dosen-melanjutkan studi
xvii+ 109 hal + 18 tabel+ 16 lampiran+ 2 skema
Kepustakaan: 30, 2007-2016