Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum
Author
SETYOWATI, ENDANG
Subject
610.7 Pendidikan, Penelitian, Perawatan, Topik-Topik berkaitan
Datestamp
2019-09-06 06:34:41
Abstract :
Endang Setyowati: ?Persepsi Pasien tentang Perilaku Caring Perawat di Ruang
Lantai 8 Utara Rumah Sakit Dr.Oen Surakarta Jawa Tengah Desember 2017-
Januari 2018?.
Latar Belakang: Caring merupakan proses interpersonal antara perawat dan
pasien. Caring sebagai kesatuan nilai-nilai kemanusiaan yang universal (kebaikan,
kepedulian dan cinta terhadap diri sendiri dan orang lain). Sebagian perawat
belum memahami dan berperilaku caring secara utuh. Perawat masih berfokus
pada rutinitas pekerjaan dan kurang memahami kebutuhan pasien secara utuh
sehingga perilaku caring seringkali terabaikan.
Tujuan: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi pasien
tentang perilaku caring perawat di ruang Lantai 8 Utara Rumah Sakit Dr.Oen
Surakarta Jawa Tengah pada bulan Desember 2017-Januari 2018.
Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi
penelitian ini adalah pasien yang dirawat di ruang Lantai 8 Utara Rumah Sakit
Dr.Oen Surakarta Jawa Tengah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik
quota sampling dengan responden 132 orang. Instrumen penelitian menggunakan
kuesioner CBA yang dimodifikasi peneliti. Analisis yang digunakan adalah
analisis deskriftif.
Hasil: Hasil penelitian didapatkan persepsi pasien tentang perilaku caring
perawat adalah cukup (15,2%) dan baik (84,8%).
Kesimpulan: Perilaku caring perawat di ruang Lantai 8 Utara Rumah Sakit
Dr.Oen Surakarta Jawa Tengah pada bulan Desember 2017-Januari 2018 sebagian
besar adalah baik.
Saran: Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan perilaku caring perawat.
Peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang persepsi
perilaku caring perawat pada pasien dengan penyakit terminal.
Kata kunci: Perilaku caring - persepsi pasien
xvii + 72 halaman + 13 tabel + 2 skema + 15 lampiran
Kepustakaan: 34, 2007-2017