Abstract :
TANIYA E.M TAHIYA. ?Gambaran Tingkat Kepuasan Pelayanan Bethesda
Yakkum Care Centre (BYCC) Terhadap Kebutuhan Informasi Masyarakat
Tentang COVID-19 Di Yogyakarta Tahun 2021?
Latar Belakang : Melalui pandemi COVID-19 saat ini, sangat di butuhkan
pelayanan kesehatan yang dapat menyentuh masyarakat. Berbagai macam
kebijakan telah dilakukan oleh pemerintah salah satu contoh lembaga yang
bergerak dalam mengedukasikan masyarakat tentang COVID-19 yaitu Bethesda
Yakkum Care Centre (BYCC) yang menjamin masyarakat untuk mengetahui
informasi tentang COVID-19.
Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pelayanan BYCC
terhadap kebutuhan informasi masyarakat tentang covid-19 di Yogyakarta tahun
2021.
Metode: Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaf dengan desain peneltian
metode deskriptif. Data yang di dapatkan yaitu data sekunder dari Layanan
BYCC. Populasi pada penelitian ini berjumlah 150 orang dengan kriteria yang
telah mengikuti layanan BYCC di Yogyakarta tahun 2021 dengan metode
Purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampling penelitian ini.
Hasil Penelitian: Berdasarkan data yang didapatkan responden yang memiliki
tingkat kepuasan dalam kategori puas yaitu sebayak 108 responden (72,0%),
sangat puas 39 (26,0%) sedangkan 3 responden (2,0%) memiliki tingkat kepuasan
dalam kategori cukup puas.
Kesimpulan: Pelayanan BYCC sangat bermanfaat di kalangan masyarakat saat
ini. Informasi yang di berikan oleh BYCC sangat membantu bagi responden yang
mengalami COVID-19.
Saran: Hasil penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi pelayanan kesehatan
khususnya yang melayani pasien COVID-19.
Kata Kunci: Gambaran, Tingkat Kepuasan, Informasi, COVID-19. xvi
+ 133 hal + 11 tabel + 2 skema + 13 lampiran.
Kepustakaan : 34, 2011-2020