Abstract :
Filda S. Baan. ?Pengaruh Terapi Bermain Dramatic Play terhadap Tingkat
Kemandirian Anak Usia Prasekolah di TK BOPKRI Gondolayu Yogyakarta Tahun
2018?.
Latar Belakang: Tingkat kemandirian anak prasekolah di TK BOPKRI Gondolayu
belum seluruhnya tinggi. Hasil studi awal didapatkan masih terdapat anak yang
memiliki kemandirian kurang. Dunia anak adalah dunia bermain sehingga akan lebih
mudah untuk mengajarkan sesuatu pada anak dengan metode bermain.
Tujuan: Mengetahui adakah pengaruh terapi bermain dramatic play terhadap tingkat
kemandirian anak usia prasekolah di TK BOPKRI Gondolayu Yogyakarta tahun 2018
Metode: Desain penelitian Quasi Eksperiment dengan rancangan One Group Pre and
Post Test without Control. Populasi penelitian ini adalah 62 anak. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 37 anak. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner modifikasi Modified WeeFIM
yang dilakukan sebelum dan sesudah diberikan intervensi sebanyak 6 kali. Uji
normalitas menggunakan Shapiro Wilk dan analisa data dengan uji statistik Wilcoxon.
Hasil: Hasil analisis menunjukkan p value = 0,000 dengan tingkat kemaknaan p<0,005
sehingga H? diterima dan Ho ditolak.
Kesimpulan: Penelitian ini menunjukan ada pengaruh terapi bermain dramatic play
terhadap tingkat kemandirian anak usia prasekolah.
Saran: Peneliti selanjutnya disarankan untuk dapat mengendalikan bias dengan
melakukan kunjungan rumah atau melakukan observasi ulang dari hasil pre test dan
post test.
Kata kunci : Terapi Bermain Dramatic Play, Tingkat Kemandirian, Prasekolah
xix + 95 halaman + 9 Tabel + 3 Skema + 23 Lampiran
Kepustakaan: 36, 2007-2018