DETAIL DOCUMENT
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI APOTEK RUMAH SAKIT UMUM DAERAH IDAMAN BANJARBARU
Total View This Week70
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari
Author

Subject
S1 Farmasi, STIKES Borneo Lestari 
Datestamp
2019-10-10 06:04:25 
Abstract :
ABSTRAK Informasi mengenai tingkat kepuasan pasien yang akurat sangat dibutuhkan dalam upaya peningkatan mutu layanan kesehatan. Oleh sebab itu, pengukuran tingkat kepuasan pasien perlu dilakukan secara berkala, teratur, akurat dan berkesinambungan. Pelayanan informasi obat merupakan suatu kegiatan untuk memberi pelayanan informasi obat yang akurat dan objektif. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Maret - April 2018. Responden dalam penelitian ini adalah 100 orang pasien di Apotek RSUD Idaman Banjarbaru, yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat berdasarkan dimensi Tangible sebesar 62%, dimensi Reliabilitas sebesar 58%, dimensi Responsiveness sebesar 77%, dimensi Assurance sebesar 55%, dan dimensi Empathy sebesar 56%. Analisis studi deskriptif analitik menunjukkan bahwa variabel yang memiliki skor paling tinggi adalah variabel Responsiveness dan variabel dengan skor paling kecil adalah variable Assurance di Apotek RSUD Idaman Banjarbaru. Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, BPJS, Rumah Sakit, Tangible, Reliabilitas, Responsiveness, Assurance , dan Empathy. 

Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari