DETAIL DOCUMENT
PENGARUH IKLAN OBAT FLU DITELEVISI TERHADAP PERILAKU SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT KECAMATAN KARANG INTAN
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari
Author
Robiatul Islamiah, RI
Rahmayanti Fitriah, RF
Nurul Mardiati, NM
Subject
D3 Farmasi, STIKES Borneo Lestari 
Datestamp
2018-10-11 03:37:50 
Abstract :
ABSTRAK PENGARUH IKLAN OBAT FLU DITELEVISI TERHADAP PERILAKU SWAMEDIKASI PADA MASYARAKAT KECAMATAN KARANG INTAN ( Oleh Robiatul Islamiah, Nurul Mardiati, Rahmayanti Fitriah; 2018; 44 halaman ) Tingginya prevalensi flu dan tersedianya obat dipasaran dengan mudah serta harga yang relatif terjangkau menjadikan salah satu pendorong tindakan swamedikasi flu oleh masyarakat. Selain itu, kemajuan teknologi yang semakin canggih membuat masyarakat mudah dalam mendapatkan informasi, salah satunya iklan obat di televisi yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam pemilihan obat yang digunakan dalam tindakan swamedikasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap perilaku swamedikasi pada masyarakat Kecamatan Karang Intan. Metode penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif observasional dengan rancangan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan metode non random sampling yaitu accidental sampling, dan didapatkan jumlah responden sebanyak 100 orang. Data yang dikumpulkan berasal dari data kuesioner, yang diisi oleh responden didampingi oleh peneliti. Analisis data secara deskriptif dilakukan dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh iklan obat flu di televisi terhadap perilaku swamedikasi pada masyarakat Kecamatan Karang Intan memiliki nilai signifikan p yaitu 0,000. Kesimpulan yang didapat yaitu iklan obat flu di televisi mempunyai pengaruh terhadap perilaku swamedikasi pada masyarakat Kecamatan Karang Intan. Kata Kunci: Iklan Obat, Swamedikasi Flu, Kecamatan Karang Intan. 

Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari