DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS KARANG INTAN 2 KECAMATAN KARANG INTAN KAB. BANJAR
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari
Author
Siti Muslimah, SM
Depy Oktapian Akbar, DO
Nurul Mardiati, NM
Subject
D3 Farmasi, STIKES Borneo Lestari 
Datestamp
2018-10-11 03:42:31 
Abstract :
ABSTRAK GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI PUSKESMAS KARANG INTAN 2 KECAMATAN KARANG INTAN KAB. BANJAR ( Oleh Siti Muslimah, Depy Oktapian Akbar, M.Farm., Apt, Nurul Mardiati, M.Sc., Apt ; 2018; 54 halaman ) Kepuasan pasien merupakan nilai subyektif terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Seorang pasien jika merasa puas dengan nilai yang diberikan oleh jasa pelayanan, sangat besar kemungkinannya untuk menjadi pelanggan dalam waktu lama. Pelayanan Informasi obat harus benar, jelas, mudah dimengerti, akurat, tidak bias, etis, bijaksana dan terkini sangat diperlukan dalam upaya penggunaan obat yang rasional oleh pasien. Penelitian dilakukan di puskesmas Karang Intan 2 dalam pelayanan informasi obat jarang dilakukan kepada pasien karena beberapa faktor. Penelitian di Puskesmas Karang Intan 2 bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obat di Puskesmas Karang Intan 2. Metode penelitian yang digunakan adalah non eksperimental dengan jenis penelitian survei deskriptif melalui rancangan survei cross-sectional. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu sebanyak 272 responden yang telah memenuhi kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan informasi obatyaitu 5 (1,84%) pasien sangat puas, 214 (78,68%) pasien puas, 51 (18,75%) pasien kurang puas dan 2 (0,73%) pasien tidak puas. Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pelayanan Informasi obat, Puskesmas Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari 

Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari