Abstract :
Ketidakpuasan pasien lansia dengan tempat fasilitas kesehatan yang sering
dikunjungi oleh pasien lanjut usia adalah Puskesmas. Dari hasil survey penelitian di
Puskesmas mengungkapkan bahwa pelayanan yang diterima tidak memuaskan atau tidak
sesuai dengan harapan yang diinginkan seperti habisnya stok obat, dokter yang datang
terlambat dan tenaga kesehatan yang kurang ramah. Dengan fakta yang ada membuat
pasien lanjut usia merasa tidak puas dan tidak ingin untuk kembali berobat ke fasilitas
kesehatan salah satunya puskesmas. Tujuan penelitian ini adalah menganalisah hubungan
kualitas pelayanan puskesmas dengan kepuasan pasien lanjut usia di puskesmas
mojowarno jombang.
Desain penelitian ini adalah analisis korelasi dengan pendekatan cross sectional.
Populasi semua lansia yang berkunjung ke puskesmas mojowarno sebanyak 56 orang.
Sampel diambil dengan teknik consecutive sampling dengan sampel 49 responden.
Variabel independen kulitas pelayanan puskesmas dan variabel dependen kepuasan
pasien lansia. Cara pengumpulan data dengan kuesioner dan wawancara. Pengolahan data
menggunakan editing, coding, scoring dan tabulating dan uji statistik menggunakan
Mann Whitney.
Hasil penelitian menunjukkan pasien yang berkunjung ke Puskesmas Mojowarno
dengan kualitas pelayanan yang diberikan petugas kesehatan adalah kurang sebanyak
30,6%, cukup sebanyak 20,4%, baik sebanyak 38,8%, sangat baik 10,2% dan kepuasaan
terhadap pelayanan petugas kesehatan adalah tidak puas sebanyak 38,8% dan puas
sebanyak 61,2%. Hasil analisa bivariate dengan uji Mann Whitney diperoleh p value
sebesar 0,000 < 0,05.
Kesimpulan penelitian ini ada hubungan antara kualitas pelayanan Puskesmas
dengan kepuasaan pasien lanjut usia.
Kata Kunci : Kualiatas Pelayanan, Kepuasan pasien lansia.