DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Metode Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Di SDN Candimulyo 1 Jombang)
Total View This Week0
Institusion
STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
Author
Febrianti, Ritu Getta
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2021-01-07 04:35:39 
Abstract :
Pendahuluan: Hasil belajar merupakan suatu evaluasi sebagai cermin untuk melihat kembali apakah tujuan yang ditetapkan dalam pembelajaran telah tercapai dan apakah proses belajar mengajar telah berlangsung efektif untuk memperoleh hasil belajar, metode pembelajaran tematik merupakan salah satu metode yang penting yang dapat mempengaruhi hasil belajar tersebut.Tujuan Penelitian: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh metode pembelajan tematik terhadap hasil belajar siswa di SDN Candimulyo 1. Desain Penelitian: Desain penelitian kuantitatif korelasi analitik cross sectional. Populasi semua siswa kelas 1 dan kelas 4 SDN Candimulyo 1 Jombang sejumlah 65 siswa. Jumlah sampel yang diambil sejumlah 56 siswa dengan teknik proporsional random sampling. instrument penelitian variabel metode tematik menggunakan lembar kuesioner dan hasil belajar menggunakan lembar observasi. Pengolahan data editing,coding,skoring,dan tabulating analisa data dengan uji statistik rank spearman. Hasil penelitian: Hasil penelitian metode pembelajaran tematik didapatkan dari sebagian besar penerapan metode tematik cukup sejumlah 31 responden (55,4%), baik 23 responden (41,1%), kurang 2 responden (3,6%).sedangkan Hasil belajar didapatakan sebagian besar cukup sejumlah 36 responden (64,3%) ,baik 20 responden (35,7%) . hasil uji statistic didapatkan nilai p = 0,005 yang artinya H1 diterima. Kesimpulan: Kesimpulan pada penelitian ini ada pengaruh metode pembelajaran tematik terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci: metode pembelajaran tematik, hasil belajar 
Institution Info

STIKES Insan Cendekia Medika Jombang