Abstract :
Masa remaja merupakan masa peralihan dari anak menuju usia dewasa, masa ini dibagi
menjadi 3 tahap yaitu masa remaja awal, remaja tengah dan remaja akhir, apabila dalam masa
ini remaja salah memahami pentingnya kesehatan reproduksi maka akan berakibat fatal terhadap
kelangsungan kehidupan masa dewasanya dan akan mengganggu pembangunan bangsa. Oleh
karena itu perlunya dilakukan pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi yang baik dan
benar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan remaja sebelum
dan sesudah dilakukan pendidikan kesehatan reproduksi. Desain penelitian ini dengan
menggunakan One Group Pre-test ? Post-test Design. Sampel penelitian ini adalah siswa/i kelas
X-XI semester II di SMA Muhammadiyah 2 Mojosari ? Mojokerto. Teknik sampling dilakukan
secara simple random sampling dengan responden sebanyak 21 responden yang memenuhi
kriteria inklusi. Variabel independen pendidikan kesehatan dan variabel dependennya
pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan
instrumen biofisiologis sebelum dan sesudah pemberian treatment yaitu pendidikan kesehatan.
Cara menganalisanya menggunakan Uji Wilcoxon dengan tingkat signifikan P < 0,05. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi sebelum dan
sesudah diberikan pendidikan kesehatan pada subyek tingkat signifikansinya adalah p = 0,003.
Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan
remaja tentang kesehatan reproduksi.
Kata kunci : Pendidikan kesehatan, kesehatan reproduksi