Abstract :
Perkembangan pada anak usia prasekolah bisa dikatakan sebagai golden year.
Erat kaitannya dengan peran ibu dalam menstimulus setiap tahap perkembangan
anaknya. Perkembangan anak pada usia tersebut harus selalu dipantau secara serius dari
orang tua terutama ibu. Bila ada keterlambatan perkembangan pada anak tidak segera
dilakukan pemeriksaan maka keterlambatan pada anak tersebut bisa menjadi sesuatu hal
yang serius hingga anak tumbuh dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
hubungan peran ibu dengan perkembangan anak usia prasekolah di TK Dharma Wanita
Wonogriyo Kec. Tekung Kab. Lumajang.
Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian survey analitk dengan
menggunakan pendekatan cross sectional, populasinya adalah ibu dan anak usia
prasekolah di TK Dharma Wanita Wonogriyo sejumlah 70 orang dengan jumlah sampel
60 orang dengan menggunakan proporsional random sampling. Variabel independen
adalah peran ibu dan variabel dependen perkembangan anak usia prasekolah. Alat ukur
kueisioner dan observasi DDST dengan pengolahan data editing, coding, scoring,
tabulating. Adapuan analisa data dengan menggunakan uji rank spearmen.
Hasil penelitian didapatkan bahwa hampir setengahnya peran ibu cukup sejumlah
25 orang (41,7%) dan peran ibu yang baik sejumlah 12 orang (20,0%) sedangkan peran
ibu yang kurang sejumlah 22 orang (36,7%) terdapat peran ibu yang buruk 1 orang
(1,7%). hampir seluruhnya perkembangan anak normal sejumlah 54 anak (90,0%), dan
terdapat anak yang susspect sejumlah 5 orang (8,3%) pada 1 orang anak untestable
(1,7%) dengan uji rank spearmen diperoleh nilai 0,004 < 0,005 artinya H0 ditolak H1
diterima.
Kesimpulan ada hubungan peran ibu dengan perkembangan anak usia prasekolah
di TK Dharma Wanita Wonogriyo Kec. Tekung Kab. Lumajang.
Kata kunci: peran ibu, perkembangan anak