Abstract :
Pendahuluan: aspek perkembangan kognitif merupakan hal yang paling utama, sebab terkait dengan kemampuan berfikir dan ingatan pada anak. Tujuan: penelitian ini untuk menganalisa pengaruh senam otak (Brain gym) terhadap daya ingat pada anak usia prasekolah (usia 4-6 tahun) di TK Budi Utomo Desa Gading Kecamatan Perak Kabupaten Jombang. Metode: desain penelitian ini menggunakan pra-eksperiment dengan one group pre-post desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TK sebesar 31 responden. Tehnik sampel yang digunakan propotional random sampling, variabel independen penelitian ini senam otak (Brain gym) dan variabel dependen daya ingat. Pengumpulan data dengan observasi. Pengolahan data menggunakan editing, coding, scoring, tabulating. Analisis menggunakan uji wilcoxon. Hasil: penelitian menunjukkan bahwa hampir dari setengahnya responden 45,2% sebanyak 14 siswa dan hampir dari setengahnya responden 48,4% sebanyak 15 siswa. Berdasarkan uji wilcoxon didapatkan hasil ?=0,00 =0,05 sehingga H1diterima. Kesimpulan: dari penelitian ini adalah ada pengaruh senam otak (Brain gym) terhadap daya ingat pada anak usia prasekolah (usia 4-6 tahun) di TK Budi Utomo di Desa Gading Kecamatan Perak Kabupaten Jombang. Saran: penelitian bagi orang tua Diharapkan orang tua selalu memberi sarana prasarana belajar dan bermain untuk perkembangan kognitif anak terutama daya ingat pada anak usia prasekolah.
Kata kunci : Senam Otak (Brain Gym), Daya Ingat, Anak Prasekolah