DETAIL DOCUMENT
KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN KLIEN TENTANG PELAYANAN KEPERAWATAN
Total View This Week20
Institusion
STIKES Insan Cendekia Medika Jombang
Author
Banowati, Henita
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2020-07-03 04:18:19 
Abstract :
Komunikasi antara petugas dengan klien adalah salah satu keluhan yang umum terjadi yang sering diungkapkan oleh klien yang di rawat di Rumah Sakit. Klien selalu merasa tidak puas dari kualitas dan kuantitas komunikasi. Di ruang rawat inap RS Basoeni Mojokerto, dalam pemberian Asuhan Keperawatan yang diberikan oleh perawat tidak selalu terapeutik ketika mereka berkomunikasi verbal dan non verbal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan klien di ruang rawat inap RS Basoeni Mojokerto. Desain penelitian ini adalah diskripsi dengan menggunakan analisa cross sectional. Sampelnya berjumlah 44 responden yang di rawat di Rumah Sakit. Tekhnik pengambilan sampling menggunakan Random Sampling dan pengumpulan data menggunakan kuisioner, kemudian di tabulasi silang dan dilakukan uji statistik menggunakan uji logistic regresi p=0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lebih dari separo responden mengatakan sangat puas tentang komunikasi verbal dan non verbal perawat (56,8 %), sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara hubungan komunikasi verbal dan non verbal perawat dengan tingkat kepusan klien di ruang rawat inap RS Basoeni Mojokerto yaitu p=0,03. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan klien di ruang rawat inap RS Basoeni Mojokerto. Hasil penelitian ini telah direkomendasikan kepada Rumah Sakit untuk dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas perawat,dimana perawat adalah sebagai pemberi pelayanan khususnya pelatihan tentang komunikasi afektif, psikomotor dan komunikasi terapeutik. Perawat harus meningkatkan pengetahuan, sehingga mampu memahami bahwa komunikasi terapeutik yang baik akan meningkatkan kualitas pelayanan perawat sehingga akan menciptakan tanggung jawab untuk memberikan kepuasan kepada klien. Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Kepuasan Klien. 

Institution Info

STIKES Insan Cendekia Medika Jombang