DETAIL DOCUMENT
HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN MOTIVAS PESERT JKN KIS DENGAN PENYAMPAIAN TINGKAT KELUHAN MELALUI APLIKASI SIPP DI BPJS KESEHATAN CABANG MOJOKERTO
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit
Author
WULANDARI, APRILLIANA
Subject
U Military Science (General) 
Datestamp
2022-04-05 03:28:11 
Abstract :
Abstrak Aplikasi SIPP merupakan Aplikasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan, merupakan aplikasi untuk menampung keluhan dan pusat informasi peseta terhadap pelayanan yang diberikan oleh Program JKN. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan motivasi peserta JKN KIS dengan penyampaian keluhan melalui aplikasi SIPP di BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto. Desain penelitian yang digunakan adalah analitik korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Jumlah populasi sebanyak 1.4.6.2 respoden, diambil menjadi sampel sebanyak 314 responden dengan teknik Purposive Sampling. Prosedur pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner untuk variabel pengetahuan dan motivasi dan dokumentasi untuk variabel penyampaian keluhan. Hasilnya diolah melalui tahap editing, coding, scoring, tabulating dan diuji dengan menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian yang menunjukkan pengetahuan Peserta JKN KIS tentang Aplikasi SIPP di BPJS Kesehatan Cabang Mojokerto Tahun 2021 menunjukkan sebagian besar berpengetahuan kurang. Motivasi Peserta JKN KIS tentang Aplikasi SIPP sebagian besar memiliki motivasi lemah. Penyampaian keluhan Peserta JKN KIS melalui Aplikasi SIPP sebagian besar melakukan penyampaian keluhan ringan. Ada hubungan pengetahuan peserta JKN KIS dengan penyampaian keluhan. Ada hubungan motivasi peserta JKN KIS dengan penyampaian keluhan di BPJS. Pihak BPJS dituntut untuk memberikan jawaban atas keluhan pasien, dengan menghubungi pasien guna menanggulangi kesalahpahaman (miss understanding) dalam penerima informasi yang berdampak ketidaknyamanan kedua belah pihak. Pelayanan terhadap keluhan peserta yang terkontrol dengan baik, mampu memberikan manfaat terhadap peningkatan pelayanan secara keseluruhan. Kata kunci: Pengetahuan, Motivasi Peserta JKN KIS, Penyampaian Keluhan Melalui Aplikasi SIPP 
Institution Info

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit