Abstract :
Metode pada penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel pada penelititan ini adalah 50 responden, dengan menggunkan tekhnik accidental sampling. Analisa statistik menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil analisa dengan menggunakan uji statistic Chi
Squaredidapatkan ?= 0,000< ? = 0,05 dengan nilai hitung pearson = 17,980 maka H0 diolak H1 diterima, yang berarti ada hubungan antara respon time dengan kepuasan pasien di IGD, Sedangkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,471 yang diinterpretasikan bahwa kekuatan hubungan pada tingkat rendah. Peneliti berasumsi tingkat cepat tanggap pelayanan IGD terhadap pasien yang datang akan sangat berpengaruh terhadap sebuah kepuasan pelanggan/pasien, pengetahuan dan kompeten seorang petugas IGD akan membentuk sebuah menejemen di IGD akan menjadi baik, dan seiring membaiknya sebuah menejemen IGD untuk melayani pasien yang datang ke IGD semakin baik.
Kata kunci : Respon time. Kepuasan,