Abstract :
Abstrak - Anemia merupakan masalah gizi di seluruh dunia, terutama di negara berkembang termasuk Indonesia. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media edukasi terhadap pengetahuan remaja putri tentang anemia di SMP Negeri 1 Mojoanyar Kabupaten Mojokerto.
Penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan pretest-posttest desain. Sampel berjumlah 52 responden, dibagi menjadi 2 kelompok. Di analisis menggunakan uji wilcoxon dan mann whitney.
Hasil Uji wilcoxon pada kelompok A menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan pengetahuan remaja putri tentang anemia antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi melalui media video materi dengan nilai p yaitu 0.000. Sedangkan, hasil uji wilcoxon pada kelompok B menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan pengetahuan remaja putri tentang anemia antara sebelum dan sesudah diberikan intervensi melalui media TikTok dengan nilai p yaitu 0.000. Intervensi dengan menggunakan media TikTok secara statistik lebih meningkatkan pengetahuan dibandingkan media video materi dengan nilai p yaitu 0.045. Untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan dapat menggunakan media edukasi yang sering diakses oleh remaja yang menggunakan kombinasi pancaindra antara indra penglihatan dan pendengaran.
Kata Kunci : Media Edukasi, Pengetahuan, Anemia