Abstract :
Berdasarkan identifikasi masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut yang pertama bagaimana pengaruh positif dan negatif handphone? Kedua, bagaimana pengaruh handphone terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa? Ketiga, bagaimana pengaruh handphone terhadap prestasi belajar mahasiswa?.
Untuk mendapatkan hasil yang baik dari penelitian ini, maka penulis menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuesioner.
Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, penulis memberi kesimpulan sebagai berikut :
1. Penggunaan handphone secara tidak bertanggung jawab sangat mempengaruhi cara belajar mahasiswa.
2. Penggunaan handphone memberikan dampak positif dan dampak negatif terhadap prestasi belajar mahasiswa.
3. Penggunaan handphone memberikan pengaruh terhadap kedisiplinan belajar mahasiswa, seperti terganggunya konsentrasi mahasiswa saat belajar karena ada pesan yang masuk lewat handphone dan tidak teraturnya cara belajar mahasiswa. Hipotesis penelitian ini yaitu : Jika mahasiswa T.A. 2020/2021 di Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar (SETIA) Jakarta mampu menggunakan handphone dengan efektif, maka motivasi belajar akan semakin meningkat dan prestasi belajar pun akan meningkat.