DETAIL DOCUMENT
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SMAS YADIKA 10 KOSAMBI TANGERANG
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
Author
Butar Butar, Pittauli
Subject
BV1460 Religious Education 
Datestamp
2021-10-14 03:27:00 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Pembentukan Karakter; (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter; dan (3) Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMA Yadika 10 Kosambi Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang beragama Kristen SMA Yadika 10 Kosambi Tangerang yang berjumlah 60 siswa, maka yang diambil sampelnya 30 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Kalibrasi instrumen (Uji Validitas instrument dengan Program Excel dan Uji Realibilitas instrument dengan Program SPSS). Uji Asumsi Klasik meliputi uji Normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan hasil pengujian validitas, untuk variable Kecerdasan Emosional (X1) yang terdiri dari 30 pernyataan, ditemukan 23 pernyataan yang valid, sementara 7 lainnya tidak valid. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) yang lebih kecil dibandingkan dengan signifikansi yang ditentukan (0,05) yaitu sebanyak 23 pernyataan. Dapat disimpulkan bahwa Kecerdasan Emosional (X1) mempengaruhi (setuju) terhadap pembentukan karakter siswa SMA Yadika 10 Kosambi Tangerang. (2) Berdasarkan hasil pengujian validitas, untuk variable Perhatian Orangtua (X2) yang terdiri dari 30 pernyataan, ditemukan 22 pernyataan yang valid, sementara 8 lainnya tidak valid. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) yang lebih kecil dibandingkan dengan signifikansi yang ditentukan (0,05) yaitu sebanyak 22 pernyataan. Dengan demikian variable Perhatian Orangtua (X2) Valid terhadap pembentukan karakter siswa SMA Yadika 10 Kosambi Tangerang. (3) untuk variable independen yaitu Karakter Siswa (Y) yang terdiri dari 30 pernyataan, ditemukan 22 pernyataan yang valid, sementara 8 lainnya tidak valid. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai Sig. (2-tailed) yang lebih kecil dibandingkan dengan signifikansi yang ditentukan (0,05) yaitu sebanyak 22 pernyataan. Dengan demikian Pembentukan karakter (Y) valid dipengaruhi oleh Kecerdasan Emosi dan Perhatian Orangtua. 

Institution Info

Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar (SETIA) Jakarta