Abstract :
Penelitian ini menunjukan bahwa kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Meningkatkan Keatifan Belajar Peserta Didik hal ini sangat penting dimiliki oleh seorang pendidik agar terjadinya peningkatan keatifan proses belajar bagi peserta didik. Latar belakang dari masalah ini disebabkan karena kurang kreativitas seorang guru dalam proses mengajar yang dilakukan sehingga membuat siswa mudah merasa jenuh atau bosan ketika belajar.
Berdasarkan masalah dalam latar belakang ini, maka dapat dirumuskan masalah penelitian, yaitu sebagai berikut: pertama, masih ada guru PAK yang belum menggunakan metode dalam mengajar sehingga menjadi menoton, tindakan ini perlu dicegah dengan kompetensi bagi pendidik dalam mengelola ruang kelas dan belajar peserta didik. Kedua, masih ditemukan sebagian guru PAK tidak dapat mengelola suasana belajar hal demikian memicu kurangnya minat belajar peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencapai tujuan sebagai berikut: pertama, bagaimana guru Pak dapat memanfaatkan kompentesi yang dimiliki untuk mengelola pembelajaran inilah yang disebut dengan kreativitas. Kedua, bagaimana guru PAK menggunakan metode untuk membangkitkan kembali keatifan belajar peserta didik.
Adapun hipotesis penelitian yang sudah dilakukan adalah jika guru PAK memiliki kreativitas baik dalam mengelola kelas, pembelajaran dan hal-hal yang berkenaan dengan proses belajar mengajar maka peserta didik akan lebih aktif dalam belajar. Berdasarkan penelitian diatas, diharapkan kepada guru PAK supaya memiliki kreativitas dalam mengajar selain membuat suasana lebih hidup dan juga mampu menarik keatifan bagi peserta didik untuk lebih semangat dalam belajar.