Abstract :
Rubrik penilaian merupakan alat bantu setiap para guru agama kristen untuk melakukan penilaian terhadap peserta didik, yang sebaiknya dimiliki oleh para pendidik dan pengajar kristen di sekolah. Latar belakang masalah dalam penelitian ini disebabkan oleh karena masih lemahnya sebagian guru menyusun rubrik, demikian juga adanya problem yang dialami oleh guru-guru dalam menerapkan kurikulum 2013 untuk memberikan penilaian kepada peserta didik. Dasar kebenaran Alkitab sebagai rambu-rambu penilaian menjadi landasan yaitu 2 Timotius 2:15 sebagai bentuk inisiatif dan inovatif guru pendidikan agama kristen, maka penilaian harus dirancang sesuai perkembangan atau tingkatan usia peserta didik.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penelitian ini dilakukan untuk menjelaskan pertama bagaimana kajian teoritis dan teologis. Kedua, Bagaimana gambaran kriteria penilaian berdasarkan 2 Timotius 2:15. Ketiga, aplikasinya bagi guru PAK.
Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif murni atau metode penelitian perpustakaan dengan mengorganisasikan ide yang dapat didasarkan pada literatur ilmiah.
Adapun hipotesis penelitian ini adalah jika guru agama Kristen menggunakan rubrik penilaian berdasarkan 2 Timotius 2:15 maka peserta didik mengalami perkembangan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang bertanggung jawab.
Kiranya melalui penulisan skripsi ini, guru agama kristen dapat menerapkan penilaian pembelajaran terhadap peserta didik di sekolah sesuai aturan dan berdasarkan 2 Timotius 2:15.