Abstract :
Kemerosotan karakter yang terjadi di tingkat Sekolah Dasar, mengharuskan pendidik Kristen berupaya lebih keras untuk membentuk karakter siswa Kristen kearah yang lebih baik yang sesuai dengan kehendak Tuhan. Untuk itulah, pendidik Kristen perlu menyadari bahwa membimbing, membina, mendidik dan mengajar siswa Kristen tentang kebenaran Firman Tuhan merupakan tanggung jawab, peran, fungsi dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkarakter Kristus. Dan pendekatan etika Kristen menjadi kontrol utama dalam proses pembentukan karakter siswa Kristen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan hasil penelitian lapangan (field research) melalui observasi dan penelitian deskripsi. Tesis ini diuraikan dalam lima bagian antara lain: Pertama, pendahuluan yang membahas tentang latar belakang masalah. Kedua, Landasan Teori, Kajian Filosofis, Kerangka Berpikir Dan Pengajuan Hipotesis Ketiga, Metodologi Penelitian. Keempat, Hasil Penelitian Dan Pembahasan.
Penulis berharap melalui tesis ini hendaknya para pendidik Kristen mampu berupaya dan bertanggungjawab dalam membentuk karakter siswa Kristen dengan pendekatan etika Kristen, sehingga dengan upaya yang dilakukan oleh pendidik dapat tercapai sesuai dengan apa yang diinginkan dan karakter siswa Kristen dapat terbentuk dengan benar sesuai dengan teladan yang diajarkan Tuhan Yesus.