DETAIL DOCUMENT
PERANAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SEKOLAH
Total View This Week0
Institusion
Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar (SETIA) Jakarta
Author
Ancu, Ancu
Subject
BV1460 Religious Education 
Datestamp
2020-07-06 01:15:59 
Abstract :
Berdasarkan rumusan pembatasan masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: Pertama, guru diharapkan melakukan perannya dalam pendidikan karakter siswa di sekolah. Kedua, guru menjadi teladan yang dapat diteladani oleh siswa di sekolah. Ketiga, guru mampu menjalankan tugas dan fungsinya dalam pendidikan karakter siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan sebagai berikut: pertama, menjelaskan gambaran umum mengenai peran guru dalam pendidikan karakter siswa. Kedua, menjelaskan mengenai aplikasi dari peran guru dalam pendidikan karakter siswa di sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan penyusunan skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif literatur (murni), yang didasarkan pada penelitian perpustakaan (library research) atau klasifikasi-klasifikasi sumber-sumber ketegasan yang ada. Berdasarkan hasil yang diperoleh atau yang ditemukan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: rumusan masalah bab I dengan bab II, memahami dan mengerti tentang gambaran umum peran guru dalam pendidikan karakter siswa di sekolah dan faktor-faktor yang memengaruhi pendidikan karakter siswa di sekolah, rumusan masalah dalam bab III, memahami dan mengerti akan peran guru dalam pendidikan karakter siswa di sekolah dan jenis-jenis pendidikan karakter di sekolah, serta dampak dari pendidikan karakter di sekolah. Dan rumusan malasah dengan bab IV adalah guru dapat menjadi teladan, bertanggung jawab, memiliki iman yang benar, dan profesional. Adapun hipotesis penelitian adalah jika guru melakukan perannya sebagai pendidik, pengajar dan pembentuk karakter siswa di sekolah dan hasilnya adalah guru akan mampu membantu siswa dalam mengembangkan potensinya, baik dalam pencapaian prestasi belajarnya, dalam perilaku, tindakan dan ketaatannya kepada Tuhan yang Maha Esa. Berdasarkan penelitian di atas, adapun saran-saran yang direkomendasikan adalah pertama, guru diharapkan mempunyai kepekaan terhadap perkembangan siswanya baik kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa. Kedua, guru diharapkan mempunyai kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, luwes, tidak kaku, berwibawa serta menjadi teladan bagi siswanya. 

File :
ANCU OKKK.pdf
Institution Info

Sekolah Tinggi Theologia Injili Arastamar (SETIA) Jakarta