Abstract :
PENERAPAN TEORI PERMAINAN DALAM MENENTUKAN STRATEGI
PEMASARAN PADA KEDAI KOPI
DI KABUPATEN KONAWE
Oleh
SRIWAHYUNI PARAPASAN
F1A1 13 091
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi yang tepat bagi produsen kedai kopi menggunakan metode teori permainan dengan memakai tujuh strategi seperti produk, harga, lokasi, promosi, orang, sarana fisik dan proses yang dikenal dengan istilah marketing mix. Adapun Kedai Kopi yang digunakan adalah Mbakoy, Rans dan Alika. Dimana teori permainan merupakan suatu model matematika yang digunakan dalam situasi konflik atau persaingan antara berbagai kepentingan yang saling berhadapan sebagai pesaing. Masing-masing produsen harus mengetahui sejauh mana tingkat kompetitifnya terhadap competitor dalam meraih pangsapasar, sehingga diperlukan suatu strategi pemasaran yang tepat untuk usaha tersebut. Langkah pertama dalam menyelesaikan masalah ini yaitu melakukan penyebaran kuesioner kemudian melakukan uji validitas dan
reliabilitas, kemudian mengolah data dengan metode teori permainan, menentukan strategi optimal, menginterpretasi secara rinci hasil pengolahan data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa strategi optimal Kedai Kopi Mbakoy menghadapi Rans dan Alika adalah strategi lokasi. Strategi optimal Kedai Kopi Rans menghadapi Mbakoy dan Alika adalah strategi orang. Strategi optimal Kedai Kopi Alika menghadapi Mbakoy dan Rans adalah strategi produk.
Kata Kunci: Kedai Kopi, Metode Teori Permainan, Strategi Pemasaran