DETAIL DOCUMENT
STUDI PELAYANAN KESEHATAN PADA KELOMPOK KERJA (POKJA)UPAYA KESEHATAN PERORANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKREDITASI DI PUSKESMAS MATA KECAMATAN KENDARI KOTA KENDARI TAHUN 2019
Total View This Week14
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
HIJRANA, J1A116 349
Subject
Pelayanan Kesehatan 
Datestamp
2020-03-09 01:47:11 
Abstract :
STUDI PELAYANAN KESEHATAN PADA KELOMPOK KERJA(POKJA) UPAYA KESEHATAN PERORANGAN SEBELUM DAN SESUDAH AKREDITASI DI PUSKESMAS MATA KECAMATAN KENDARI TAHUN 2019 ABSTRAK Puskesmas dapat menjalankan fungsinya secara optimal perlu dikelola dengan baik mulai dari sumber daya yang digunakan, proses pelayanan hingga kinerja pelayanan sebab masyarakat menghendaki pelayanan kesehatan yang aman dan bermutu, serta dapat menjawab kebutuhan mereka. Tujuan Penelitian mengetahui bagaimana pelayanan kesehatan pada kelompok kerja (POKJA) upaya kesehatan perorangan sebelum dan sesudah akreditasi di Puskesmas Mata Kecamatan Kendari Kota Kendari tahun 2019. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenalogis. Teknik pengumpulan data meliputi waawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Hasil penelitian di tinjau dari Layanan Klinis Berorientasi Pasien mengalami peningkatan pelayanan sesudah akreditasi yakni telah tersedia alur pendaftaran, petugas kesehatan lebih memperhatikan standar operasional prosedur. Di tinjau dari Manajemen Penunjang Layanan Klinis mengalami peningkatan pelayanan sesudah akreditasi yakni telah tersedia dokumen pola ketenagaan, memenuhi kebutuhan data dan informasi bagi petugas kesehatan dan pihak terkait diluar organisasi lebih mudah diperoleh karena telah menggunakan sistem online. Di tinjau dari Peningkatan Mutu Klinis Klinis dan Keselamatan Pasien mengalami peningkatan pelayanan sesudah akreditasi yakni mengukur dan evaluasi mutu layanan klinis akreditasi dilihat dari daftar tilik, audit internal dan kotak saran. Pada upaya kesehatan perorangan di lihat dari aspek layanan klinis yang berorientasi pasien, ada peningkatan pelayanan kesehatan sesudah akreditasi. Pada upaya kesehatan perorangan di lihat dari aspek Manajemen Penunjang Layanan Klinis, Pada upaya kesehatan perorangan di lihat dari aspek Manajemen penunjang layanan klinis dan Peningkatan mutu klinis dan keselamatan pasien ada peningkatan pelayanan kesehatan sesudah akreditasi. Kata kunci : Akreditasi, UKP, Puskesmas 
Institution Info

Universitas Halu Oleo